KPU Gelar Rapat Koordinasi Bersama Pemkab OKU TIMUR

  • Bagikan

LAPORAN WARTAWAN : ANTON
REDAKTUR : ANGGI SUBAGIO

OKU TIMUR/KABARSUMATERA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder di Aula Bina Praja I Kantor Bupati OKU Timur, Rakor membahas tahapan pencalonan perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur tahun 2020,Sabtu (14/12/2019).

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya menjelaskan agenda yang dihadiri Asisten I Setda OKU Timur, Bawaslu, DPRD, perwakilan partai politik, kepolisian, Kesbangpol, tokoh masyarakat ini memaparkan tentang tahapan teknis dan pelaksanaan pencalonan, terutama terkait pencalonan pasangan calon perseorangan.

“Pada Pilkada Serentak 2020 di Bumi Sebiduk Sehaluan diharapkan ada calon yang maju melalui calon indenpendent maupun perorangan. Jika ada ini merupakan sejarah baru di OKU Timur,” katanya.

Menurut Herman, syarat jumlah minimum dukungan untuk bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati pada jalur independen dalam pilkada tahun 2020 nanti sebesar 41.406 dukungan pemilih yang tersebar setidaknya di 11 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di kabupaten OKU Timur.

“Namun tentunya syarat dukungan perseorangan jumlah dukungannya harus tersebar dilebih dari 50 persen jumlah kecamatan di daerah kabupaten/kota yang bersangkutan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maupun pemilihan Walikota dan Wakil Walikota sebab hal tersebut sesuai dengan pasal 10 PKPU 3/2017”, jelasnya.

Lanjut Herman, penetapan jumlah minumum dukungan persyaratan dan persebaran pasangan calon perseorangan berdasarkan rekapitulasi DPT Pemilu/Pemilihan terakhir pada 26 Oktober 2019. Pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorang pengumuman penyerahan dukungannya pada tanggal 3 hingga 16 Desember.

Penyerahan syarat dukungan bakal Bupati dan Wakil Bupati atau calon walikota dan wakil wali kota berlangsung sejak 19 hingga 23 Februari 2020, kemudian pengecekan jumlah dukungan dan sebaran tanggal 19 hingga 26 Februari 2020 sedangkan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan pada tanggal 27 Februari hingga 25 Maret 2019.

Ketua Bawaslu OKU Timur Agus Purnawan menambahkan, untuk tahapan pemilihan ini stakeholder dan masyarakat harus dilibatkan secara langsung dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi hingga tingkat yang rendah.

“Suksesnya pelaksanaan Pilkada ini merupakan sukses kita bersama, sehingga harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan UU yang berlaku”, ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Timur melalui Assisten I Setda OKU Timur Dwi Suprianto mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada di kabupaten ini diharapkan berjalan dengan lancar, aman dan tingkat residu yang kecil. “Kita sadar itu merupakan tanggungjawab kita bersama guna menciptakan pelaksanaan Pilkada yang aman dan lancar serta kondusif”, katanya.

“Tingkat partisipasi masyarakat di OKU Timur cukup tinggi bahkan tertinggi di Sumsel. Karena itu diharapkan tingkat partisipasi pada Pilkada nanti akan tetap tinggi dan ini juga tugas bersama untuk menyukseskan Pilkada,”tegasnya.

banner 728x90
  • Bagikan