BUPATI & WAKIL BUPATI OKU TIMUR KOMPAK HADIRI UPACARA NGABEN DI METRO REJO

1410

Laporan Wartawan : Dodi Irawan
Redaktur : Anggi Subagio  (ADV)

KABARSUMATERA. CO. ID/OKU TIMUR – Pembakaran mayat atau yang lebih di  kenal dengan Ngaben dalam acara Bali di laksanakan puncaknya pada hari ini (04/09/19) di Nusa sakti Desa Metro Rejo Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur.

Dalam acara ngaben tersebut di ikuti oleh  32 peserta atau 32 KK dengan 15 wahana, dalam sambutannya bupati OKU Timur HM.Kholik Mawardi S,Sos, Msi mengatakan bahwa ngaben merupakan tanggungjawab moril dari keluarga masing-masing, pada prinsipnya setiap agama menghormati orang tua, pelaksanaan ngaben ini cukup memakai biaya yang besar dari 50 sampai 100 juta per peserta, pemkab OKU Timur sendiri memberikan bantuan sebesar 10 juta untuk acara ngaben ini”   tegas Bupati.

PHDI dalam sambutannya  yang diwakili oleh Jero Mangku Amar mengatakan rasa Terima kasih nya kepada Bupati dan wakil Bupati serta unsur muspika dan tamu lainnya yang telah berkenan hadir dalam acara ngaben yang di ikuti oleh 32 KK dan 15 wahana, mudah-mudahan kerukunan beragama di Kabupaten OKU Timur tetap tercipta demi rasa Damai, aman bagi umat beragama, pungkasnya.

Sarmadi selaku Kepala Desa Metro Rejo menambahkan bahwa ngaben ini adalah pengembalian unsur Panca Maha Bhuta.Ritual agama ini bagian dari upacara Pitra Yadnya yang dilakukan Umat Hindu,setelah acara pengabenan dilakukan acara penghanyutan abu pembakaran ke sumber air/laut, selanjutnya dilakukan acara ngelinggihan sang atman, terangnya.

Selain  acara ngaben juga di hadiri oleh Wakil Bupati Feri Antoni SE, Kepala Dinas Capil dan Pertanian, Polsek Buay Madang Timur IPDA Erwansyah, Camat Buay Madang Timur, Camat Buay Madang, tamu undangan serta warga desa Metro Rejo dan masyarakat OKU Timur lainnya,

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda