KORKAB PKH, Pebri SH : untuk bansos tepat sasaran, Ajak Masyarakat awasi Verivikasi SIKS-NG

  • Bagikan

Laporan Wartawan : Anggi Subagio
Editor  : Team

KABARSUMATERA.CO.ID/Way Kanan- Pada saat ini pemerintah tegah melakukan Verivikasi SIKS-NG untuk pemuktahiran data penerima bantuan sosial (bansos).  Awak Media KABARSUMATERA.CO.ID menghubungi Pebri, SH Selaku Koor Kab PKH melalui telepon seluler (Minggu, 5/5/2019)  memberikan   Keterangan pada  KABARSUMATERA.CO.ID bahwa ,  Verivikasi SIKS-NG ini dimaksudkan untuk meng Update  data yang sudah dimiliki Pemirintah berdasarkan dari kondisi terbaru dilapangan. “Jadi SIKS-NG / BDT itu adalah pusat segala bansos (bantuan sosial – Red) yang dulu disebut basis data terpadu sekarang SIKS-NG namanya, jadi dalam SIKS-NG ini terdapat data penirima PKH, RASTRA, KIS dan bentuk bantuan lainya. Saat ini penerima  bansos sudah mencapai 35 % dari total 53 ribu data sehingga dilakukan update  karena itu berdasarkan data 2011 dan 2015.” Ujarnya.

Selanjutnya pada moment Verivikasi SIKS-NG ini jika ditemukan warga kurang mampu belum mendapatkan bantuan dan yang sudah mendapatkan bantuan namun sekarang sudah menjadi keluarga mampu, maka nanti akan diverivikasi dan di update  datanya untuk memasukan keluarga kurang mampu yang belum terdata dan mengeluarkan keluarga yang sudah tergolong mampu dari data penerima bantuan. Jadi nanti jika sudah dikeluarkan akan otomatis dia tidak akan lagi mendapat bansos.

Selanjutnya, Pengusulan dan verivikasi data ini melalui tingkat RT/RW dan Operator Kampung yang sudah dilatih oleh Dinas Sosial dan nanti segera diinput  di serahkan pada pihak Dinas Sosial dan disana (DINSOS-Red)  juga ada operator SIKS-NG yang berjumlah 4 orang. Dalam penyerahan kepada pihak dinsos nanti kepala kampong akan menyertakan Berita Acara (BA) berapa-berapa warganya yang terverivikasi.

Waktu verivikasi ini sudah berlangsung sekitar satu bulan dan masih terus berlangsung , dan saat ini masih terjadi pandangan masyarakat bahwa PKH tidak tepat sasaran, yang harusnya dapat tidak mendapatkan masih mendapatkan PKH, menanggapi hal ini KORKAB PKH Way Kanan Tersebut menyatakan untuk segera laporkan kepihak RT/RW dan Operator Kampung agar masuk ke data SIKS-NG karena disitulah pusat dari segala dana bansos, jika mereka (keluarga miskin) datanya belum masuk SIKS-NG jangan harap akan mendapat bansos/dapat program.

Selaku  Koordinator PKH , Pebri, SH. Menyampaikan “ Harapan saya warga masyarakat berperan aktif ikut mengawasi karena ini yang terlibat adalah RT/RW, Kepala Kampung, kan disukan ada saudara aparat kampung, itu nggak ada. Artinya  jika transparansi dibuka dan masyarakat mengawasi insyaallah itu real dan data yang dihasilkan juga bagus (valid)” pungkasnya.

Baca Juga

KAJATI SUMSEL APRESIASI BUPATI OKU TIMUR

 

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan