MENTERI LINGKUNGAN HIDUP BERIKAN IZIN DAN BERKEBUN KEPADA MASYARAKAT DESA MENDAH

  • Bagikan

 

Laporan Wartawan : Iwan
Redaktur : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / OKU Timur –  Bertahun- tahun perjuangan Masyarakat Mendag untuk mendapatkan hak kelola lahan dan pengakuan dari Negara yang selama ini telah diusahakan oleh Ratusan Kepala Keluarga akhirnya menemui titik terang dan membuat lega masyarakat Dusun Villa Masin Desa Mendah Kecamatan Jayapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan.

Terlihat wajah gembira dan bahagia meliputi semua warga mulai dari anak-anak sampai orang tua yang hampir patah semangat menggapai harapan mendapatkan hak kelola lahan Hutan Produksi dan Lahan Hutan Lindung yang berada di Kawasan Hutan Desa Mendah. Rasa syukur atas surat jawaban Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan No. 05.733/MENLHK/SETJEN/PLA/2/10/2020 yang isinya mengizinkan menggunakan lahan kawasan hutan untuk dikelola masyarakat dalam program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan Perhutanan Sosial. Rasa syukur tersebut diwujudkan dalam bentuk doa bersama, makan bersama 9 buah tumpeng dan dilanjutkan acara tradisional jawa kuda lumping bertempat di Balai Pertemuan Dusun Villa Masin. (Selasa, 17-11-2020).

Turut hadir dalam acara syukuran para tokoh adat seperti Susilo, Alex, Jakfarudin, Rudi. Hadir juga Camat Jayapura Sugiyarto, S.E., M.M beserta staff juga Kepala Desa Menda Rismalena,perwakilan dari media I News TV Jatmiko, Tidak pernah absen Ketua Aliansi Indonesia OKU Timur Kanda Budi Setiawan, S.Pd.I. S.H yang selalu mendampingi perjuangan masyarakat dari awal sampai akhir.

Tokoh adat Jayapura Pakde Susilo DS biasa disapa menceritakan dalam sambutannya bahwa perjuangan masyarakat penuh dengan liku liku hambatan dan tantangan serta air mata sampai ada yang berurusan dengan Polhut dan Polres.

“Hari ini kita boleh berbahagia, karena perjuangan selama ini telah membuahkan hasil meskipun penuh pengorbanan hambatan dan air mata, Jangan lupakan para pejuang, sesepuh kita yang telah berkorban” tutur Pak De Susilo

Sementara itu Camat Jayapura Sugiyarto, S.E.,M.M dalam sambutannya mengatakan sejak camat pertama sampai saya yang keenam membantu proses perjuangan masyarakat untuk mendapatkan hak kelola lahan hutan. Alhamdulillah hari ini kita sudah mendapatkan jawaban dari menteri mengizinkan kita untuk berkebun dan bermukim. Dalam perjuangan ini saya sampai enam kali berurusan dengan polres dan dua kali berurusan dengan jaksa. Jangan sia siakan perjuangan selama ini, kelolalah dengan baik tanah yang telah diusahakan dan segeralah buat surat pengakuan hak atas tanah saudara.

“Bapak ibu saudara semua, kelolalah dengan baik tanah tanah yang sudah diusahakan dan ikuti aturan pemerintah, saya selalu berjuang bersama kalian. Saya juga sudah bermohon kepada pak Bupati, biarlah saya bertugas dulu disini sampai perjuangan masyarakat Villa Masin ini benar benar tuntas” Ujar Sugiyarto dengan penuh semangat.

Sementara Ketua Badan Penelitian Aset Negara Aliansi Indonesia OKU Timur Kanda Budi Setiawan, S.Pd.I. S.H yang biasa dipanggil Kanda Budi Aliansi dalam sambutannya mewakili tamu undangan mengatakan Aliansi Indonesia akan selalu berjuang bersama untuk kepentingan masyarakat seperti yang selama ini kami lakukan untuk masyarakat Villa Masin, bila ada permasalahan hambatan, maka Aliansi Indonesia berada di garis terdepan untuk membantu masyarakat yang mencari keadilan “Terdengar gemuruh suara tepuk tangan masyarakat dengan semangat. Memang Camat Sugiyarto luar biasa, terus maju demi mewujudkan harapan masyarakat Desa Mendah, Kasih Aplus untuk Camat Jayapura”. Ujar Kanda Budi Aliansi.

Tentunya masyarakat yang hadir dalam acara syukuran Desa, terpanah dan kagum mendengar sambutan lantang dan tegas Kanda Budi Aliansi yang mampu menghidupkan susana, dan kenerjanya dalam memperjuangakan rakyat kecil tidak bisa dipungkir lagi

Nama Kanda Budi Aliansi bukan hal yang asing lagi, namanya sudah mengaung dari plosok Desa sampai tingkat Kota, namun selama ini masyarakat kecil baru tahu namanya saja, belum bertatap muka secara langsung, Alhamdulilah pada hari ini masyarakat Desa Mendah ,khususnya Villa Masin bisa

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan