Potensi Perikanan di OKU Timur Menjanjikan/KABARSUMATERA.CO.ID

  • Bagikan

LAPORAN WARTAWAN : ANTON
REDAKTUR : ANGGI SUBAGIO

KABARSUMATERA. CO. ID/OKU TIMUR Tidak hanya pertanian, potensi Kabupaten OKU Timur juga di bidang Perikanan, untuk itulah Bupati OKU Timur berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat dengan potensi yang ada sehingga masyarakat sejahtera.

Untuk mengali potensi tersebut, Bupati OKU Timur H. M. Kholid, S.Sos, M.Si saat uji coba exsavator dan mobil termo di Desa Tambak Boyo Kecamatan Belitang, Selasa 26 November 2019 Bupati mengatakan OKU Timur Harus Maju dengan potensi yang ada terutama bidang perikanan.

Bupati OKU Timur juga mengatalan, kita harus mempunyai lompatan besar serta skil harus kita tambah sehingga mendapatkan hasil yang baik.

“Saat ini panen ikan patin 1 hari di OKU Timur baru bisa memproduksi 3 ton perhari, mulai kedepan pembudidaya ikan harus bertekad bagaimana cara nya dalam 1 hari bisa panen 15 ton,” katanya.

Dilanjutkan Bupati, perikanan air tawar sungguh menjanjikan untuk di OKU Timur sendiri budidaya ikan patin sangat berpeluang.

“Kami sudah meminta pihak perbankan untuk membantu modal melalui KUR, Kredit Usaha Rakyat, untuk kelompok tani inI pinjaman modal diberikan melalui Bank Syariah Mandiri dan pembayaran nya setelah panen,” kata Bupati

Bupati menambahkan, lama panen kurang lebih 8 bulan, dengan dibantunya permodalan oleh perbankan masalah permodalan sudah bisa di atasi.

“Saat ini budidaya ikan ini masih ada di daerah Kecamatan Belitang, saya mendorong kecamatan lain untuk ikut serta membudidayakan ikan air tawar,” katanya.

Dikatakan Bupati, kita punya keinginan jika semua kecamatan bisa membudidayakan Ikan Air Tawar maka kita bisa meng ekspor ikan air tawar.

“Saya menantang kedepanya kita undang menteri perikanan dan kelautan datang ke OKU Timur dan kita tunjukan bahwa OKU Timur mampu dan bisa sebagai produsen ikan air tawar,” katanya.

Sementara itu Ketua Koperasi Sinar Baru Mina Sari, H. Erwanto mengatakan kami selaku pembudi daya ikan air tawar terimakasih kepada Bupati serta kepala Dinas Oerikanan dan Perternakan OKU Timur atas perhatian yang di berikan.

“Kami terimakasih atas bantuan mobil thermo pendingin dan exsavator yang telah di berikan, kami berharap dengan adanya bantuan alat tersebut dapat meningkatkan produksi ikan patin dan OKU Timur menjadi peng ekspor ikan patin,” pungkas nya.

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan