Spirit Al-ma’un Pemuda Muhammadiyah Way Kanan, Dalam Peringatan Sumpah Pemuda Ke-92 Gelar Baksos Khitan

  • Bagikan
Laporan Wartawan : Anggi Subagio
Kabarsumatera.co.id / Way Kanan – Tanggal 28 September 2020 merupakan peringatan hari sumpah pemuda ke 92 tahun. Dalam rangka memperingati hal tersebut, bertempat di Kampung Tanjung Rejo Kecamatan Negeri Agung, Kamis, ( 29/10/2020 ) pagi telah diselenggarakan kegiatan khitan gratis bagi anak – anak masyarakat yang kurang mampu di Kampung Tanjung Rejo Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan.
Kegiatan tersebut terlaksana berkat dukungan beberapa pihak seperti Lazismu Way Kanan, RS.H.Kamino Baradatu, Warga Persyarikatan Muhammadiyah, dan Pemerintah Kampung Tanjung Rejo. Kegiatan tersebut dipelopori Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Way Kanan dimana dalam program kerjanya memang mengadakan khitan gratis sebagaimana dijelaskan Ketua PDPM Way Kanan Dedi Iskandar, SH., MH., saat menghadiri kegiatan tersebut.
“Alhamdulillah hari ini Kami Pemuda Muhammadiyah Way Kanan bersama Lazismu, dan Team Medis RS.H.Kamino Baradatu dapat berbuat bagi masyarakat Tanjung Rejo Kecamatan Negeri Agung, terdapat 10 anak yang kita khitan dan berikan bingkisan hari ini, kita juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Negeri Agung seperti mas.Winarno dan Kawan-kawan serta Pemerintahan Kampung Tanjung Rejo, karna spirit kita adalah Q.S Al-Maun”. Jelas Dedi.

“Tahukah kamu orang-orang yang mendustakan Agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan fakir miskin. Maka, kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat ria, dan enggan mengulurkan pertolongan/bantuan secara berhasil guna dan berdaya guna”
(Q.S. Al-Maun ayat 1-7)
Spirit Al-Maun sebagaimana ditekankan oleh KH Ahmad Dahlan menjadi penting ditengah wabah Covid-19 ini.
Al-Maun menggambarkan betapa Islam memperhatikan keadilan sosial, pemberdayaan dan kesejahteraan umat melalui berbagai ibadah ritual yang berimplikasi pada empati-kedermawanan sosial. Islam mengajarkan untuk berbagi kepada fakir miskin yang termarjinalkan akibat dari ekonomi kapitalis dan liberal.
Sementara itu, Munawar, S. Fil., MA sebagai pengurus Lazismu Way Kanan mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mensukseskan kegiatan Khitan tersebut.
“Terimakasih kepercayaan warga persyarikatan maupun masyarakat lainnya yang telah berzakat, infaq maupun sodakoh dengan Lazismu, semoga kegiatan sosial untuk membantu masyarakat seperti ini dapat terus kita laksanakan serta tingkatkan”. Tutup Munawar.
banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan