WERENG SERANG PADI DI OKU TIMUR, PETANI TERANCAM GAGAL PANEN

  • Bagikan

Laporan Wartawan : Andri
Redaktur : ANGGI SUBAGIO

KABARSUMATERA.CO.ID/OKU Timur – Tanaman padi petani saat ini diserbu oleh hama wereng. Hama tersebut menyerang batang, dampaknya pun ke daun tanaman yang kemudian layu dan akhirnya mengering. Petani risau karena hama yang kini kian meluas akan menyebabkan gagal panen.

Syaiwan salah satu petani padi di Desa Rowodadi Kecamatan Buay Madang Timur (BMT) mengungkapkan, bahwa tahun ini tanaman padi miliknya terancam gagal panen.

“Kami sebagai petani cuma bisa pasrah,
Kita tinggal menunggu sekarang, apakah ada tanggapan pemerintah atau dibiarkan saja. Hingga saat ini belum mendapatkan perhatian dan tanggapan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),” ungkapnya.

Tidak hanya itu, petani padi di OKU Timur juga banyak menumpahkan keluh kesahnya di media sosial.

Muhaimin pemilik akun Facebook menyebutkan bahwa tanaman padi petani di Desanya Purwodadi Belitang Mulya juga saat ini digerogoti hama wereng.

“Kalau ditangkapi dimasukkan karung kecil itu gak muat saking banyaknya hama wereng menggerogoti tanaman padi,” katanya.

Kemudian di desa lain, ada yang lebih larah dari dampak yang terjadi akibat hama wereng ini. Musa petani padi di Kecamatan Buay Pemuka Peliung mengaku saat ini dirinya terpaksa berhenti bertanam padi, sebab setiap masuk musim panen padi hasil yang mereka dapatkan selalu merugi.

“Tahun ini saya berhenti menanam padi, dapat capekmya saja. Setiap menanam diserang hama wereng dan tikus,” ujarnya.

Dari keluh kesah petani padi di OKU Timur, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Sujarwanto mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk menghentikan serangan hama wereng ini.

“Sudah kita lakukan pengendalian dari brigade dan laboratorium hama,” ujarnya.

Dari ungkapan tersebut, kini petani hanya bisa menunggu aksi apa yang akan diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur khususnya Dinas Pertanian OKU Timur.

banner 728x90
  • Bagikan