Danyon Armed 15/105 Tarik Martapura Panen Raya Bersama

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id MARTAPURA – Guna untuk mendukung Program Pemerintah tentang gerakan ketahanan pangan seperti padi, Batalyon Armed 15/105 Tarik Martapura memanfaatkan lahan yang ada agar tidak sia – sia dan tidak mubazir.

Selain itu, Batalyon Aremed 15/105 Tarik Martapura Membentuk Kelompok Tani (Koptan) Cailendra yang anggotanya diambil dari masyarakat sekitar, Dan anggota Koptan tersebut lah yang bertugas mengola lahan persawahan dan perkebunan yang ada disekitar Batalyon.

Dari pantauan media online KabarSumatera co.id. Kegiatan yang dibentuk dan telah dilakukan oleh Anggota Kelompok Tani Cailendra tersebut, Alhamdulillah saat ini sudah membuahkan hasil. Rabu (07/03) para Koptan Cailendra sedang melakukan panen raya di sawah milik kesatuan ini.

Panen raya dipimpin oleh Danyon Armed Mayor Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani. Panen Raya Koptan Cailendra Batalyon Artileri Medan 15/105 Tarik dengan tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Danyon Armed 15/105 Tarik Martapura, Mayor Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani mengatakan”luas lahan sawah yang di panen oleh Koptan Cailendra kurang lebih sekitar 21, 5 hektar dan 7 hektar untuk kebun, baik kebun ubi maupun jagung, Diharapkan ini akan menjadi penyemangat bagi masyarakat agar terus bergiat dalam berusaha terutama dalam bidang pertanian dan perkebunan’.pungkas nya

Seprti dikatakannya, “Anggota Koptan Cailendra sebanyak 45 orang, anggota Koptan tersebut semuanya berasal dari masyarakat sekitar. Lahan yang diolah berfariasi, ada yang 1 hektar dan ada juga yang 2 hektar,” katanya.

Lahan persawahan ini dibentuk terlebih dahulu, kemudian baru digarap. Lahan ini merupakan sawah tadah hujan bisa panen dua kali setahun. “Per hektar hasilkan satu ton. Untuk kedepannya kita akan kerjasama dengan Dinas Pertanian agar lebih berkembang,” tambahnya.

Danyon juga menambahkan, sejak 2008 lahan diolah oleh Koptan. Sistem kerjasama dengan masyarakat tidak ada sewa khusus, namun ada kontribusi untuk kesatuan. Tujuannnya untuk mensejahterakan masyarakat dan lahan tetap terawat.

“Bibit yang di gunakan petani tersebut adalah bibit jenis Ciehrang dan Ciliwung. Kita ingin apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat,” Pungkasnya (RA)

banner 728x90
  • Bagikan