Di Backup Jatanras Polda Sumsel Diduga Oknum Kades Terlibat Kasus Perampokan

  • Bagikan

 

LAPORAN WARTAWAN : HENGKY WIJAYA

KABARSUMATERA.CO.ID/OKU TIMUR – Oknum Kepala Desa, Desa Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur, diringkus Satuan Reserse Kriminal Polres OKU Timur dengan dibackup Unit Jatanras Polda Sumsel, Minggu dinihari (16/2/2020) sekira pukul 02.00 WIB di kediamannya di Desa Melati Agung.

Oknum kades ini diringkus setelah sebelumnya polisi menangkap salah satu rekan sekaligus sepupunya Agep (28) di Bekasi, disusul kemudian rekannya Makmun (48), di bukit gerbu Desa Rambang Nia Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan.

Dari keterangan pihak kepolisian, diketahui ternyata oknum Kades bernama Elwani ini ternyata terlibat di sejumlah kasus perampokan beberapa tahun belakangan. Tidak hanya di OKU Timur saja, para perampok yang terkenal sadis ini juga melakukan aksinya di sejumlah Kabupaten/Kota lain di Sumatera Selatan, tak tanggung kerap sindikat ini tak segan menghabisi korbannya jika melawan.

Menurut Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH Sik didampingi Wakapolres OKUT Kompol Erwin S Manik dan Kasat Reskrim OKUT M Ikang Ade Putra saat pers realis Selasa (18/02/2020) yang digelar di Mapolres Kabupaten OKU Timur memaparkan, sejumlah kasus perampokan yang pernah terjadi di kabupaten OKU Timur ini otaknya ialah Oknum kades tersebut. Salah satunya kasus perampokan terhadap H Bustan seorang toke kopi pada tahun 2016 lalu, Elwani dan rekan-rekannya merupakan pelaku utama dibalik perampokan tersebut.

“Dalam aksi perampokan ini yang menjadi otaknya ialah Elwani itu sendiri”, ungkap Kapolres.

Lanjut Kapolres, pada tanggal 29 November 2016 lalu sekira pukul 03.00 Wib dini hari, Elwani dan komplotannya melakukan perampokan terhadap H Bustan di Desa Tanjung Kukuh Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur, saat itu tidak lain koordinatornya ialah Elwani itu sendiri, ia bersama rekannya berhasil menggasak harta korban yakni uang 100 juta rupiah serta emas 100 suku.

“Pada kasus perampokan di Desa Tanjung Kukuh ini beberapa pelaku sudah ditangkap di tahun 2018 namun saat itu beberapa pelaku yang ditangkap belum diketahui adanya keterlibatan kasus perampokan pada tahun 2916 lalu . Beberapa rangkaian kejahatan perampokan yang terjadi di wilayah hukum polres OKU Timur juga muaranya ialah oknum kades Elwani ini, oknum kades ini merupakan biang kerok sebab ia memiliki tiga orang adik laki-laki yang sudah malang melintang melakukan perampokan”, ungkap Kapolres.

Elwani sendiri ditangkap di Desa Melati Agung Kecamatan Semendawai Timur dikediamannya sendiri

banner 728x90
  • Bagikan