Tekab 308 Polres Way Kanan Ringkus Pelaku Curas Kabel Induk Gardu Pabrik Tapioka

187

 

LAPORAN WARTAWAN : RLS/ HENDRI TAUFIK
REDAKTUR : ANGGI SUBAGIO

KABARSUMATERA. CO. ID/WAY KANAN Team Tekab 308 Polres Way Kanan berhasil mengamankan pelaku curas (pencurian dengan kekerasan) kabel induk dari gardu pabrik tapioka di Kampung Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Jum’at (14/06/2019)

Pelaku berjumlah empat orang dengan insial SU (35) dan ST (28) warga Kampung Bumi Ratu Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan selanjutnya AM (39) dan HS (32) warga Kampung Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara.

Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro melalui Kasatrekrim AKP Devi Sujana mengatakan kronologis Kejadian pada hari Jumat tanggal 07 juni 2019 pukul 08.00 Wib saat itu korban sedang memasak air di dapur kantor pabrik tapioka lalu datang enam orang pelaku memakai tutup muka dan membawa senjata tajam jenis golok dari arah belakang korban.

Pelaku mengancam korban an.Ali warga Kampung Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan untuk diam dan menawarkan kerjasama dengan dalih akan diberi uang namum korban tidak menjawab dan berusaha melarikan diri akan tetapi salah satu pelaku langsung memukul punggung dan membenturkan kepalanya kedinding.

Sementara para pelaku ada yang berperan memegangi tangan korban hingga diseret kedepan ruangan, tidak cukup disitu, pelaku mengikat kedua tangan dan kaki korban serta mulut dan matanya juga diikat.

Selanjutnya pelaku mengambil kabel induk dari gardu pabrik sepanjang 480 M jika dinilai dengan uang mengalami kerugian sebesar Rp. 96. Juta dan 1 unit Hp nokia tipe 105 dan melarikan diri.

Selang sekitar tiga jam anak dan istri korban baru datang melihat korban dalam kondisi terikat lalu membantu melepaskan ikatan pada tubuh korban

Kronologis penangkapan Team Tekab 308 Polres Way Kanan pada hari Rabu 13 Juni 2019 sekitar pukul 01.00 WIB mendapatkan informasi tentang keberadaan salah satu pelaku curas inisial ST yang berada di Kampung Sidoarjo, petugas bergegas mengamankan pelaku dan berhasil mengamankannya tanpa ada perlawanan.

Berdasarkan pengakuan ST pelaku lain inisial SU, AM dan HS dapat diamankan di kediaman masing-masing pelaku sedangkan dua pelaku lain berhasil melarikan diri. Selanjutnya petugas membawa empat pelaku ke Polres Way Kanan untuk diminta keterangan lebih lanjut.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku berupa satu bilah golok warna hitam, beberapa potong kabel induk, satu unit sepeda motor merk suzuki jenis titan, tali karet, tali tambang plastik dan kain lap yang digunakan untuk mengikat korban serta satu unit gunting besi.

Atas perbutannya pelaku dapat diancam dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian dan kekerasan dengan hukuman penjara maksimal 9 tahun penjara,” Ungkap Kasatreskrim.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda