Menyenangkan, Kenapa Sedikit Anak Muda Mau Jadi Tour Guide?

  • Bagikan

 

LAPORAN WARTAWAN : KS/01
REDAKTUR : ANGGI SUBAGIO

KABARSUMATERA.CO.ID/YOGYAKARTA Profesi sebagai pemandu wisata mungkin tidak ada dalam daftar cita-cita anak muda. Padahal, pemandu wisata memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

Prospektifnya profesi pemandu wisata (tour guide) diakui oleh RESTI AMELIA PRATIWI S,KM , Yang Juga Alumni Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) LAMPUNG, yang juga menjadi pemandu wisata di berbagai agen perjalanan di Lampung. Dia mengatakan, seorang pemandu wisata bisa mendapatkan penghasilan Fantastis per bulan sebagai honor profesionalnya. Penghasilan itu bisa bertambah jika banyak aktivitas pemanduan ke luar kota yang dilakukan.

Itu masih untuk perjalanan dalam kota sedangkan untuk di daerah perkotaan akan ada penambahan lagi. Belum lagi bonus berupa tip yang diberikan wisatawan jika merasa menikmati perjalanannya. Nah ini jumlahnya yang beragam, ada yang sangat besar tergantung kepuasan si wisatawan lah,” katanya kepada KABARSUMATERA.CO.ID di YOGYAKARTA, Kamis (16/01/2020).

Dia juga mengakui bahwa pekerjaan sebagai pemandu sangat menyenangkan karena dapat bekerja sambil bersenang-senang. Pekerjaan ini juga tidak menuntut kriteria penampilan khusus. Namun, dia mengaku masalah sering datang dari kondisi infrastruktur, yang membuat para pemandu harus menahan kritikan pedas.

“Kerjanya kan jalan-jalan, jadi bisa sambil refreshing. Apalagi penampilan kita juga tidak harus spesifik ataupun formal. Meski penampilan kita akan sedikit ketinggalan, misalnya, asalkan kita bersih tentunya tak pernah menjadi masalah bagi wisatawan. Apalagi layanan kita hospitality, senang sekali mereka itu,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan
Semoga dengan adanya pekerjaan sehari hari ini dapat menginformasikan Keindahan lampung tentang wisata yang di miliki provinsi Sang Bumi Ruwai Jurai”Tutup nya.

 

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan