Bupati Way Kanan Hadiri Pembukaan Lomba Kampung Di Bumi Baru /KabarSumatera.co.id

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id BLAMBANGAN UMPU – Salah satu komitmen yang dilakukan pemerintah adalah mendorong percepatan pembangunan di kampung/desa karena kemajuan suatu daerah sangat tergantung  dari kemajuan kampung-kampung/desa yang ada di daerah tersebut. Komitmen pemerintah ini tentunya tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan tanpa dukungan dari seluruh komponen yang ada di kampung.

Hal lain yang amat penting untuk dijadikan prioritas adalah meningkatkan peranan  organisasi lokal seperti organisasi pemuda, organisasi wanita, kelompok-kelompok kesenian dan keagamaan yang kesemuanya untuk mendorong meningkatkan kapasitas pembangunan kampung

Hal itu ditegaskan Bupati H.Raden Adipati Surya, S.H., M.M  dalam pidatonya pada penilaian Lomba Kampung Tingkat Provinsi Lampung di Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu, Selasa, (07/08) Pagi.

Dihadapan Staf Ahli Gubernur bidang pemerintahan, hukum dan politik  Theresia Sormin, S.H yang mewakili gubernur M.Ridho Ficardo dan Ratusan masyarakat kampung Bumi Baru, Bupati muda itu menerangkan Perlombaan kampung dilaksanakan sebagai upaya untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan kampung, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat dan daya saing kampung.

“Kampung Bumi Baru sebagai wakil Kabupaten Way Kanan pada ajang lomba kampung tingkat Provinsi Lampung karena Kampung ini dinilai sudah siap mengikuti ajang ini,”ungkapnya pada kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati DR.H.Edward Antony, M.M, Jajaran Forkompimda dan Sekretaris Daerah Kabupaten., Saipul, S.Sos., M.IP.

Sementara itu ditempat yang sama hal senada juga disampaikan Staf Ahli Gubernur bidang pemerintahan, hukum dan politik  Theresia Sormin, S.H.

Membacakan sambutan tertulis Gubernur M. Ridho Ficardo, Theresia Sormin menerangkan kegiatan tersebut merupakan kegiatan sebagai tolak ukur dalam melihat efektivitas dalam membangun kampung  melalui pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan Masyarakat merupakan upaya mengembangkan  kemandirian dan kesejahteraan dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, prilaku, kemampuan  kesadaran serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan program kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan kebutuhan masyarakat Kampung,”Tuturnya.

Untuk diketahui Lomba Kampung bertujuan mendorong usaha percepatan pembangunan masyarakat Serta memacu dan memotivasi kampung untuk mengutamakan tertib administrasi dalam rangka memberikan pelayanan dan pengayoman dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat serta meningkatkan aktivitas dan kreativitas perangkat kampung dalam membina masyarakatnya sebagai sumber daya manusia yang potensial dalan segala bidang. (R)

banner 728x90
  • Bagikan