Bupati Way Kanan Perintahkan Pimpinan Satuan Kerja diwilayah nya terkait (SPT) pajak Tahunan.

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id BLAMBANGAN UMPU-Bupati Way kanan Raden Adipati Surya memerintahkan pimpinan satuan kerja di wilayahnya agar mengingatkan jajarannya segera menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) melalui aplikasi e-Filing.

 

kegiatan di laksanakan Aula PKK (13/02) pagi, Terlihat hadir Wakil Bupati Edward Antony, Ketua DPRD Nikman, Wakil Ketua II DPRD Beta Juana, Sekretaris Daerah Saipul dan para pejabat di lingkungan Pemkab Way Kanan

 

dalam Pidato Bupati Raden Adipati Surya menyampaikan “Pemerintah bersama-sama dengan DPR RI telah mengesahkan UU Nomor 15 Tahun 2017 tentang APBN Tahun Anggaran 2018. Di dalam APBN Tahun Anggaran 2018, Pemerintah telah menganggarkan Belanja Negara sebesar Rp 2.220,7 triliun, yang akan digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera, sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa ini.

Salah satu sumber penerimaan yang dibutuhkan oleh negara untuk mendanai belanja yang telah dianggarkan dalam APBN adalah penerimaan pajak.

Untuk tahun anggaran 2018, penerimaan negara yang berasal dari pajak ditargetkan sebesar Rp 1.618,1 triliun, yang memiliki kontribusi sebesar 85% dari total seluruh penerimaan negara.

sedangkan Angka tersebut mencerminkan betapa besarnya peranan pajak dalam membiayai keperluan negara dalam rangka mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Sehingga tidak salah apabila disimpulkan bahwa pajak merupakan tulang punggung pembangunan negara.

 

Oleh karena itu, kita sebagai Warga Negara Indonesia yang ikut secara bersama-sama menikmati hasil pembangunan, sudah seharusnya ikut berperan serta dalam proses pembangunan.

Pajak merupakan sarana yang dapat digunakan oleh setiap orang untuk ikut berperan serta dalam proses pembangunan. Karena pajak merupakan iuran kepada negara yang diwajibkan berdasarkan Undang-Undang yang digunakan untuk membiayai keperluan negara untuk kemakmuran rakyat.

Sebagai Wajib Pajak kita memiliki kewajiban perpajakan yang harus dilaksanakan dan dipatuhi sebagaimana yang tercantum dalam ketentuan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Indonesia menganut self assessment system dalam sistem pemungutan pajaknya. Artinya, setiap Wajib Pajak memiliki kewajiban untuk secara sadar menghitung sendiri jumlah pajak yang terutang, membayarkan sendiri pajak yang terutang ke kas negara, dan melaporkan sendiri penghitungan dan pembayaran pajak yang telah dilakukan dalam Surat Pemberitahuan (SPT).

Berkaitan dengan kewajiban penyampaian SPT, setiap Wajib Pajak Orang Pribadi memiliki kewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh (Pajak Penghasilan) ke Kantor Pelayanan Pajak untuk setiap tahun pajak, yang batas waktunya adalah setiap akhir bulan Maret tahun berikutnya. Begitupun dengan Wajib Pajak Badan, juga memiliki kewajiban menyampaikan SPT Tahunan PPh untuk setiap tahun pajak, yang batas wakunya adalah setiap akhir bulan April tahun berikutnya.

Khusus untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang berstatus sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN), berdasarkan Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 Tahun 2015 tanggal 31 Desember 2015, penyampaian SPT Tahunan PPh harus dilakukan melalui aplikasi e-Filing yang telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

E-Filing merupakan penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet, salah satunya pada website DJP www.djponline.pajak.go.id. Dengan e-Filing, pelaporan SPT Tahunan menjadi mudah, karena Wajib Pajak tidak perlu datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak. E-Filing memungkinkan Wajib Pajak untuk menyampaikan SPT Tahunan-nya dimana saja dan kapan saja, tanpa terikat oleh tempat dan waktu.

Berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban penyampaian SPT Tahunan PPh oleh ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, saya menginstruksikan kepada seluruh pimpinan satuan kerja untuk mengingatkan seluruh ASN di satuan kerjanya

untuk segera menyampaikan SPT Tahunan PPh melalui aplikasi e-Filing.
Dalam kesempatan ini, saya mengajak seluruh masyarakat dan ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Way Kanan untuk menjalankan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Segera laporkan SPT Tahunan PPh sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Jadilah masyarakat yang sadar dan peduli pajak. Karena dengan sadar dan peduli pajak, artinya kita juga ikut peduli terhadap kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Pajak merupakan wujud sumbangsih kita dalam upaya mewujudkan cita-cita negara Indonesia, sebagaimana tercantum dalam UUD 1945, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaaian abadi dan keadilan sosial ” Pungkas Bupati Muda tersebut (Rilis/Rico)

banner 728x90
  • Bagikan