Bupati Way Kanan Sambut Tim Penilai Lomba PKK-KKBPK-KESEHATAN Tingkat Provinsi Lampung di Kampung Bumi Merapi

408

Laporan wartawan : Ks02 / Rio / Nando
Redaktur : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / Way Kanan – Penilaian Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK-KESEHATAN) Tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 berlangsung  di Kampung Bumi Merapi Kecamatan Baradatu, Kamis (5/12/2019) Pagi.

Bupati Raden Adipati Surya dalam sambutannya menyampaikan bahwa  atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-KESEHATAN tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Way Kanan, khususnya di Kampung Bumi  Merapi Kecamatan Baradatu. Mudah-mudahan kedatangan Tim Penilai akan memberikan motivasi bagi kami dalam melaksanakan pembangunan khusus dibidang PKK, KB dan Kesehatan.

“Jika kita simak dan cermati berbagai isu dan permasalahan penting dalam bidang KB dan kesehatan, seperti makin menurunnya kemampuan masyarakat untuk menyediakan alat kontrasepsi yang diperlukan, pelayanan kesehatan yang yang belum sepenuhnya memadai, hal inilah yang dapat memicu tidak terkontrolnya angka kelahiran, sehingga menimbulkan lonjakan jumlah penduduk secara tidak berimbang antara penduduk usia produktif dengan penduduk usia tidak produktif, seperti di ketahui bahwa jumlah penduduk usia tidak produktif lebih banyak dibandingkan usia produktif.
Mengingat pentingnya peranan keluarga dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka keluarga perlu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan keluarga secara baik dan optimal yang meliputi : Fungsi keagamaan, fungsi pendidikan, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi ekonomi dan fungsi kelestarian lingkungan. Fungsi-fungsi tersebut menjadi motivasi kita untuk lebih berusaha meningkatakan kualitas keluarga kita.
Pemberdayaan keluarga menjadi amat penting, mengingat saat ini makin maraknya penyalahgunaan Narkoba dan prilaku yang menyimpang oleh generasi muda kita. Hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mengatasi hal-hal terebut yang tentunya harus kita mulai dari keluarga kita masing-masing. ” Ujar Bupati

Selanjutnya, mengenai keberhasilan Kampung Bumi Merapi menjadi wakil Kabupaten Way Kanan dalam lomba Kesrak PKK-KKBKP-KESEHATAN Tingkat Provinsi Lampung tahun ini, tentunya berkat kerja keras dan kerjasama antara aparat Kampung Bumi Merapi, masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Way Kanan.
Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Kampung Bumi Merapi atas kerja keras dan partisipasinya untuk mempersiapkan kegiatan ini, sehingga dapat diikut sertakan pada lomba Kesrak PKK-KKBKP-KESEHATAN Tingkat Provinsi Lampung.
Keikutan serta Kampung Bumi Merapi ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berusaha mensejajarkan diri dengan Kampung di Kabupaten/kota lain di Provinsi Lampung. Untuk itu diharapkan kepada Tim Penilai agar mengadakan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat khususnya di Kampung Bumi Merapi dan umumnya di Kabupaten Way Kanan, sehingga akan tercipta keluarga yang berkualitas dan masyarakat yang sehat, makmur dan sejahtera.” Terang Raden Adipati Surya.

Dalam melakukan penilaian kiranya Tim penilai juga tidak mengesampingkan upaya dan kerja keras masyarakat Kampung Bumi Merapi, sehingga tujuan dari kegiatan ini benar-benar dapat tercapai dan membawa manfaat secara luas bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan, yang pada akhirnya tentu kami sangat berharap Kampung Bumi Merapi menjadi terbaik dalam penilaian Lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2019 ini.
Kepada seluruh SKPD dan instansi terkait, saya berharap agar dapat terus memberikan perhatiannya terutama pasca lomba berlangsung. Masyarakat setempat tetap perlu mendapat perhatian, karena mereka telah bersusah payah dan bergotong royong membangun Kampung dalam rangka menunjukkan peran serta dalam pembangunan di Kabupaten Way Kanan yang kita cintai ini.” Pungkas Bupati Raden Adipati Surya.

Lebih lanjut pada Laporan Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Dessy Afriyanti Adipati  disampaikan bahwa
Krisis ekonomi yang masih berlanjut, menuntut kita untuk terus meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 52 tahun 2009  tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan  undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah.
Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dan mencapai kesejahteraan keluarga, dalam rangka mewujudkan hal tersebut dilakukan antara lain melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah, program KB dan pembangunan bidang kesejahteraan khususnya pada program 7,8 dan 10  yakni kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat
Dalam rangka lebih meningkatkan efesiensi serta kesinambungan pelaksanaan program itu, maka diadakan intensifikasi lintas sektor dibidang pemberdayaan keluarga, KB dan kesehatan melalui kegiatan kesatuan gerak PKK KKBPK – kesehatan. dengan dukungan lintas sektor maka kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok PKK, Institusi KB dan kesehatan di tingkat kampung kebawah dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda