Dinas Pertanian OKUT Kekurangan SDM, Akibatkan Kurang Maksimalnya Kinerja

  • Bagikan

Laporan Wartawan : Andri
Redaktur : Anggi Subagio

KABARSUMATERA.CO.ID/OKU TIMUR – Gemparnya problem petani terkait serangan hama wereng, Dinas Pertanian coba angkat bicara untuk mengatasinya. Hal ini dibahas pada Konferensi Pers bersama awak media yang digelar di Bina Praja II, Selasa(16/07/2019).

Fakta berbicara bahwa petani saat ini sedang gelisah akibat serangan hama wereng, sebab hama wereng berdampak fatal pada hasil panen. Dibenturkan dalam masalah ini Dinas Pertanian angkat bicara, Kepala Dinas pertanian Sujarwanto S.P, M.M melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hotikultura Tukimin mengatakan bahwa dinas pertanian sudah mengambil sikap mengenai teknis solusi untuk mengatasi hama wereng yang menyerang padi milik petani di OKU Timur.

“wereng ini hadir akibat pH tanah di OKU Timur yang dibawah 5%. Namun kami sudah melakukan sosialisasi bahkan dari lima tahun kebelakang” ungkapnya.

Jika dilihat dari segi perkembangan dari teknis mengatasi hama wereng yang sudah disosialisasikan tidak memberikan dampak yang baik. Setelah diulas lebih dalam pada konferensi pers bersama awak media, terungkap halangan terbesar dari Dinas Pertanian selama ini adalah minimnya SDM yang ada di Dinas Pertanian.

“memang kami selama ini dinas pertanian minim akan SDM, seperti PPL saja satu itu untuk lima sampai enam desa yang idealnya maksimal dua desa dan untuk pengamat hama di OKU Timur hanya ada enam yang seharusnya dalam satu kecamatan harus ada satu pengamat hama” tambahnya.

Dalam konferensi pers bersama awak media ini dapat dikutip problem yang dialami Dinas Pertanian yang berdampak juga pada teknis dalam mengatasi hama wereng ini.

banner 728x90
  • Bagikan