“ECO OFFICE” HARMONI KERJA RAMAH LINGKUNGAN ALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP WAY KANAN

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id Blambangan Umpu (29/01) pagi, Masalah lingkungan hidup telah menjadi isu penting di berbagai belahan dunia. Berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, ekonomi, social budaya dan politik masyarakat disuatu Negara. Oleh karena itu pemerintah ikut bertanggung jawab dalam menanggapi isu lingkungan hidup, hal ini yang sedang dilakukan oleh Bupati Way kanan RAden Adipati Surya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Way kanan melalui program ECO OFFICE sebuah konsep kerja Kantor yang ramah lingkungan.

Pemerintah selaku pembuat kebijakan ikut berperan dalam penanganan isu lingkungan hidup (global warming) tersebut. Konsep “Eco Office” konsep yang diterapkan di Dinas Lingkungan Hidup ini  merupakan bagian dari upaya agar setiap Sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara yang berkerja di dinas LKH dapat menerapkan pola kerja yang berwawasan lingkungan. Dalam wawancara bersama media di taman kantor Dinas Lingkungan hidup Way kanan, Anang Risgiyanto., S.KM., M.KES selaku Kepala Dinas  menjelaskan alasan mengapa ia menggunakan konsep Eco Office ini di Dinas yang dipimpinnya. “Saya berlakukan konsep Eco office di dinas yang saya pimpin guna membentuk pola pikir baru dalam konsep bekerja ASN yang ada di kantor ini dalam melihat isu lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita bersama baik dalam penghematan penggunaan beban listrik pada jam kerja , pembuangan sampah limbah

kantor agar bersih dan bias didaur ulang serta menata tanam tumbuh pohon dan tanaman perdu di seputaran kantor baik halaman maupun taman kantor agar tercipta tempat kerja yang nyaman dan asri sehingga tercipta harmonisasi antara pikiran dan alam yang membawa ketenangan dalam bekerja ” ujar Anang.

Konsep kerja eco Office ini telah dirintis sejak dua tahun yang lalu dan manfaatnya dirasakan oleh setiap individu Aparatur Sipil Negara yang bekerja, ketenangan pikiran yang suntuk karna rutinitas bekerja menjadi berkurang jika bekerja di out door diluar kebiasaan bekerja didalam ruangan, hal ini disampaikan oleh  M.Nuril Iman seorang Kabid di kantor Lingkungan hidup way kanan yang sedang bekerja di taman kantor bersama dua rekannya. “ Sejak diberlakukannya konsep Eco Office ini saya pribadi dan teman-teman mulai merasakan ketenangan dalam bekerja, bekerja diluar ruangan dengan tempat yang rindang dan asri ini membuat perasaan menjadi segar dan tenang” Ujarnya. “Awalnya kami menyepelekan dan memandang sebelah mata dengan konsep yang di buat oleh pak Kepala dinas pak Anang namun lambat laun kami mulai merasakan manfaatnya, saya berharap konsep ini dapat di jalankan di Kantor dinas yang lain” sambung M. Nuril Iman yang di amini oleh rekan kerjanya yang lain.(Demsy)

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan