Edwar Antony Buka Rapat Koordinasi FKUB Way Kanan

  • Bagikan

KabarSumatera. Co. Id Way Kanan – Untuk kali pertamanya, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Way Kanan, melaksanakan rapat koordinasi, dalam rangka membina toleransi umat beragama, bertempat  di GSG setempat, Selasa (28/8).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati  DR.H.Edward Anthony, M.M itu , diikuti oleh seluruh guru agama tingkat madrasyah dan SMP se Way Kanan, ormas keagamaan, camat dan para kepala kampung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda diantaranya Kapolres AKBP Doni Wahyudi, S.IK Dandim 0427 Letkol Uchi Tambayong, DanLanud Gatot subroto,  cpn.Yusuf Hidayat,  staf ahli, para assisten, para SKPD.

Dalam arahannya,  Edward Anthony menjelaskan,  kerukunan antar umat beragama di Way Kanan,  selama ini terjalin dan terjaga dengan baik.  sehingga di Way Kanan,  tidak muncul perselisihan yang bernuansa keagamaan.

“Selama ini kerukunan umat beragama di Way Kanan, telah terjalin dengan harmonis, dan insya allah dengan kerukunan umat beragama ini, akan mampu mensukseskan visi dan misi Way Kanan Maju dan berdaya saing di 2021,”kata Edward Anthoni.

Sementara itu, Ketua FKUB Way Kanan Rohim Siddik mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari FKUB, Khususnya di Way Kanan, yang tidak menginginkan adanya kerusuhan antar umat beragama di Way Kanan, yang dapat memecah persatuan dan kesatuan.

“Dengan slogan siapa kita Indonesia, maka kita wujudkan persatuan dan kesatuan, melalui kerukunan umat beragama di Way Kanan”tegas Rohim Siddik.

Perselisihan antar umat beragama, merupakan salah satu ancaman bagi kesatuan dan persatuan bangsa, yang berdampak rusaknya tatanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, kerukunan umat beragama harus ditanamkan dalam sanubari masyarakat, sehingga akan mampu mencegah timbulnya perselisihan antar umat beragama.

Ditempat yang sama, dalam laporannya Kepala Kantor Kesatuan bangsa dan Politik, Drs. Marson, M.M mengatakan, bahwa dasar kegiatan ini diantaranya, Peraturan bersama Menteri Agama 9 Tahun 2006 dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2008. Peraturan Gubernur No. 20 Tahun 2013, Keputusan Bupati Way Kanan No. B. 227/V.07-WK/HK/2017.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini. Adalah untuk memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk memfasilitasi terwujudnya kerukunan umat beragama di Kabupaten Way Kanan dan Pemberdayaan peningkatan peran forum kerukunan umat beragama di Way Kanan” Ujarnya

Ada kesempatan itu juga ditandatangani ikrar damai umat beragama Kabupaten Way Kanan yang ditandangani bersama oleh Majelis Ulama Indonesia, Badan Kerjasama Antar Gereja, Pastoral Paroki, Perisada Hinda Dharma Indonesia dan Majelis Buddhayana Indonesia.(RA)

banner 728x90
  • Bagikan