Guru Seni SE-OKU Timur Libatkan Sejumlah Pelajar Untuk Tarian Kolosal Demi Menyukseskan Festival Jerami Agustus Mendatang

  • Bagikan

Demi Mensukseskan Festival Jerami, Guru Seni Se-OKU Timur Libatkan Sejumlah Pelajar Untuk Tarian Kolosal

KabarSumatera.co.id MARTAPURA – Demi mewujudkan OKU Timur untuk menjadi lebih baik lagi, melalui Festival Jerami Sebiduk Sehaluan, yang akan dilaksanakan awal Agustus 2018. Pada Senin (21/5/2018), panitia pelaksana menggelar rapat dengan seluruh guru seni se-OKU Timur. Rapat yang dipimpin Kadispora OKU Timur Wakimin, S.Pd didampingi Ketua Panitia Pelaksana Tri Angga, berlangsung di Bina Praja Pemkab OKU Timur.

Salah seorang seniman OKU Timur yang juga koordinator tari kolosal, Doni Anggara Saputra, mengatakan, dalam Festival Jerami Sebiduk Sehaluan, guru seni se-OKU Timur dipercaya untuk menampilkan tarian kolosal dengan melibatkan sejumlah pelajar.

“Sebelum kita melakukan proses belajar gabungan, silahkan kita belajar secara mandiri di tempat sekolahan masing-masing dulu,” katanya.

Dikatakan, Untuk jumlah peserta penari kolosal masih belum bisa ditentukan tapi keinginan panitia 1000 orang penari. Hal ini perlu dilakukan persiapan yang lebih matang sehingga menghasilkan sebuah karya yang berkualitas.

“Tapi saya minta setiap sekolah minimal mengirim 50 siswanya agar gampang menganturnya untuk menari,” jelasnya.

Doni juga menjelaskan, untuk kostum penari kolosal sendiri diserahkan kepada pihak sekolah.

“Namun kostumnya mesti memakai hiasan uang berkaitan dengan jerami, agar seragam dan terlihat menyatu dengan yang lainnya,” ucapnya.

Sementara Kadispora OKU Timur Wakimin, S.Pd, menjelaskan seluruh potensi yang ada akan dikerahkan demi menyukseskan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata di daerah ini. Karena itu guru seni dan pelaku seni harus memberikan sumbangsih.

“Setiap sekolah harus mengirimkan siswanya untuk terlibat pada pentas tari kolosal saat berlangsungnya Festival Jerami Sebiduk Sehaluan,” ungkapnya.

Kemudian tugas awal adalah memetakan sekolah-sekolah mana yang akan terlibat berikut informasi jumlah siswa setiap sekolah.

“Karena ada sekolah yang jumlah siswanya sedikit sehingga kesulitan jika harus mengirim 50 orang siswa, namun sebaliknya bagi sekolah yang siswanya banyak tidak akan kesulitan. Karena itu diperlukan data siswa dari setiap sekolah,” imbuhnya. (Ra)

banner 728x90
  • Bagikan