Kampung Karangan Gelar Pemilihan Kepala Dusun Secara Luber jurdil ini Penjelasan Kakam Agus Indra Bangsawan., SAN, M. Si

  • Bagikan

Laporan Wartawan : Rio Purba
Redaktur : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / Waykanan -Pemilihan Kepala Dusun (Kadus) 01 Kampung Karangan dilakukan secara Demokrais dan transparan. Proses pemungutan suara dilakukan di Balai Adat /Balai Kampung Karangan Induk  Kecamatan Bumi Agung (15/12/2019) Pagi.

Kepala Kampung Karangan Agus Indra Bangsawan SAN., MSi menjelaskan bahwa Kepala Dusun (Kadus) juga Bagian dari Aparatur kampung orang yang mengetuai sebuah dusun, satu wilayah di bawah desa. Satu desa biasanya terdiri dari beberapa dusun dan dusun terdiri dari beberapa RW dan RT. Masa jabatan seorang kadus ditentukan oleh umur, apabila seorang kadus telah berusia 60 tahun maka masa jabatannya habis, mengikuti sistem pemerintahan yang ada di Indonesia saat ini.

Kampung Karangan Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan melakukan pemilihan dalam rangka pergantian kepala dusun yang sebelumnya dijabat oleh Almarhum Alwi Hasan.
Pemilihan kadus dilakukan dengan asas luberjurdil (langsung umum bebas rahasia jujur dan adil), proses pemungutan suara berlangsung dengan di dukung adanya surat suara, kotak suara, bilik coblos, dan adanya keamanan Kampung (LINMAS) serta dijalankan oleh Panitia pemungatan suara .

Pemilihan kepala dusun tersebut di ikuti oleh 2 Calon Kadus yaitu
Nomor urut 01 Deska Nomor urut 02 Adrus Saleh. Sejak pagi pemilihan Berjalan lancar aman sehingga pada siang hari selesai pemungutan  suara  surat selesai dilanjutkan penghitungan suara ,Keseruan nampak Terjadi dalam Gedung Balai Adat (Balai kampung) saat penghitungan ,hingga keluar hasil pencoblosan menyatakan hasil perhitungan Kadus terpilih adalah calon nomor urut 02.Adrus  Saleh yang unggul tipis sebanyak 4 suara.

Lebih lanjut Kepala kampung Karangan Agus Indra Bangsawan S.AN M.Si menyampaikan ” Pemilihan kepala dusun ini implementasi dari bentuk demokrasi di tingkat lokal Kampung, Bukan hanya Kepala kampung,namun pemilihan terhadap kepala Dusun pun juga harus dilakukan secara pemilihan. supaya masyarakat dusun bisa menentukan hak pilih nya.Harapan nya terhadap kepala dusun terpilih Adrus Saleh dapat menjalankan amanah Warga Dusun 01 Karangan Induk, juga menjalankan tugas dari Pemerintah kampung dengan sebaik-baiknya.” Ujar Indra menjelaskan.

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan