Kirab Santri di Kampung Bandar Sari Menggelegar,Siapa Kepala Kampung nya / Baca Selengkapnya Di KabarSumatera. Co. Id

  • Bagikan

KabarSumatera. Co. Id Way Kanan- Peringatan Hari Santri Nasional di Kampung Bandar Sari Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan diperingati dengan cukup meriah di Lapangan Bola Kampung Setempat Senin (22/10/2018).

Ribuan santri dari perwakilan masing-masing pondok pesantren dan Sekolah bersama Aparatur Kampung bersama Masyarakat Setempat mengikuti apel dan kirab Santri.

“Peringatan apel akbar hari santri ini diikuti sekitar 5000 ribu santri dari pondok pesantren, Madrasah, TPQ, TPA dan siswa siswi Sd dan SMP yang ada di Kampung Bandar Sari,” kata Marzuki.

Pantauan Media Online KabarSumatera. Co. Id di lapangan kegiatan peringatan hari santri ini diawali dengan zikir dan istiqozah bersama.

Mereka menceritakan tentang resolusi Jihad, perjuangan kaum santri mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Tujuan utama kegiatan ini, kita ingin meningkatkan semangat nasionalisme, semangat kebangsaan kepada para santri,” tutur Marzuki.

Ia menilai Hari Santri Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober sangat penting diperingati, sebagai upaya memupuk jiwa patriotisme dan semangat nasionalisme para santri untuk membela negara dan bangsa.

Lebih lanjut Marzuki Mengatakan , jika mau membaca sejarah, perjuangan kaum santri dalam membela tanah air dan kemerdekaan Indonesia dibayar dengan amat mahal.

Perjuangan santri jaman dulu dibiayai oleh darah, nyawa, harta benda dan sebagainya,” ungkap dia.

Semangat patriotisme itu yang kemudian, menurut Marzuki , harus terus dipupuk dan ditanamkan kuat-kuat dalam diri santri.

“Menjadi santri itu dituntut berjuang demi bangsa dan negaranya,” Pungkasnya.

Usai apel. Kegiatan peringatan hari santri nasional di Bandar Sari kemudian dilanjutkan dengan kirab Budaya.

Barisan diawali oleh Marching Band kemudian disusul Paskibraka Kabupaten Bandar Sari dan dilanjutkan dengan perwakilan masing-masing dari pondok pesantren dan madrasah.

Kirab Santri ini menampilkan aneka macam kreasi dan kesenian.

Mengambil rute dari lapangan Bola Bandar sari menuju Pasar Bandar Sari dan berakhir di lapangan Bola Kampung Setempat,
Jarak tempuh sekitar 1 kilometer.

Kepala Kampung Bandar Sari Marzuki Kembali mengatakan Peringatan hari santri nasional merupakan momentum yang mengingatkan, bahwa perjuangan melawan penjajah yang dilakukan kaum santri sangat besar dan dilakukan tidak mudah.

Mereka gigih berjuang dan berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sebab itu, saya mengajak kepada semuanya. Mari menjaga kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan santri,” katanya.(ADV)

Laporan Wartawan : Dedy

banner 728x90
  • Bagikan