PEMBUKAAN MTQ KE 16 TINGKAT KABUPATEN WAY KANAN OLEH BUPATI RADEN ADIPATI SURYA

  • Bagikan

Laporan Wartawan : KS
Redaktur : ANGGI SUBAGIO

KABARSUMATERA.CO.ID/WAY KANAN – Pembukaan Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ)  ke-16 tingkat Kabupaten Way Kanan yang berlangsung di Kampung Lebak Peniangan, Kec. Rebang Tangkas,  pada (27/9/ 2019) Malam dibuka oleh Bupati bersama Wakil Bupati Way Kanan.

Bupati Raden Adipati Surya mengatakan
Dewasa ini kita dihadapkan pada tantangan pengaruh globalisasi, setiap saat anak-anak dan pemuda kita, bahkan kita semua telah banyak dipengaruhi oleh tayangan  TV dan Internet dengan berbagai acara dan program yang sering membawa dampak kurang baik bagi kehidupan keluarga kita, terutama anak-anak remaja.
Untuk menangkal efek negatif itu Pemerintah Kabupaten Way Kanan melaksanakan berbagai kegiatan untuk percepatan penuntasan buta aksara Al-Qur’an, berupa memberikan insentif kepada guru ngaji dan melaksanakan Musyabaqoh Tilawatil Quran dari Tingkat Kecamatan hingga tingkat Kabupaten. Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan “Way Kanan Mengaji” terutama untuk siswa sekolah menengah.
Pehaman Al-qur’an sangat penting karena merupakan kitab suci yang syarat dengan inspirasi dan motivasi yang bisa memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak, serta menciptakan generasi-generasi rabbani nan qur’ani, yang handal dan berakhlakul karimah.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan Melalui momen MTQ ke-16 ini saya mengajak kita semua untuk senantiasa membumikan Al Quran, dalam arti menghiasi rumah dan lingkungan kita dengan ayat-ayat Al Quran. Mari kita galakkan TPA, Majelis Ta’lim, Majelis Dzikir dan pengajian-pengajian di Mushala, masjid-masjid, dan bahkan paling penting di rumah kita, mari ajarkan Al Quran sejak dini kepada anak-anak kita, dengan demikian Al Quran akan tetap menghiasi keluarga kita.
Ketika kita menggaungkan Al-Quran sebenarnya kita sedang mengagungkan nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai kesalehan sosial, nilai-nilai yang mengutamakan pembelaan pada yang lemah, mengutamakan pembelaan pada yang fakir, mengutamakan pembelaan pada yang miskin.,
Kepada peserta yang terpilih sebagai juara nantinya diharapkan agar dapat meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinnya. Selain itu juga bagi yang belum terpilih sebagai juara agar terus belajar sehingga dimasa-masa mendatang dapat meningkatkan prestasinya lagi.

banner 728x90
  • Bagikan