Pemda OKU Timur Terima Bantuan Angkutan Desa”

  • Bagikan

OKUT Terima Bantuan Angkutan Desa

KabarSumatera.co.id MARTAPURA Pemerintah Kabupaten OKU Timur mendapat bantuan berupa angkutan desa, dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik afirmasi Bidang Tranfortasi tahun 2017. Armada ini diperuntukan untuk angkutan daerah pinggiran menuju ibukota kabupaten.

Demikian diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi saat melakukan kunjungan kerja hari kedua di daerah pesisir Komering tepatnya di Kecamatan Martapura kemarin (10/10). Menurut Kholid, bantuan angkutan untuk desa dari pemerintah pusat  tersebut telah diterima Pemkab OKU Timur dan saat ini telah berada di Dinas Perhubungan OKU Timur.

Diharapkan dengan adanya bantuan armada angkutan ini bisa membantu masyarakat desa yang akan melakukan kegiatan atau aktivitas perekonomian dari desa menuju ibukota Kabupaten atau daerah lainnya. “Selain bantuan angkutan dari pemerintah pusat, kedepan kita juga akan memberikan bantuan yang bernilai investasi. contohnya bantuan bibit buah-buahan,” ujar Kholid.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan OKU Timur Drs A Junaidi menambahkan, penyerahan bantuan armada angkutan desa tersebut tidak secara langsung namun melalui empat tahapan dan yang disalurkan bantuan bukan berupa barang namun berupa dana. “Pada termin pertama disalurkan 30 persen kemudian termin kedua 20 persen. Lalu termin ketiga sebesar 30 persen dan terakhir untuk termin keempat sebesar 20 persen,” terang Junaidi.

Selanjutnya, dengan dana yang telah diterima, akhirnya bisa dibeli lima unit mikro bus yang diperuntukkan bagi daerah-daerah pinggiran dalam mengangkut penumpang maupun barang. “Ini sesuai dengan program Presiden Joko Widodo membangun dari daerah pinggiran dan bertujuan untuk mengurangi kesenjangan wilayah dengan meningkatkan mobilitas dan distribusi barang, jasa melalui penyediaan sarana dan prasarana transportasi,” terangnya.

    Adapun pengadaan lima unit micro bus tersebut menurut Junaidi dilakukan dengan sistim e-catalog sehingga sesuai aturan. Dimana lima unit microbus tersebut akan diserahkan ke desa – desa  yang telah disepakati Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Pemkab OKU Timur. “Adapun desa dimaksud yaitu Desa Karsajaya Kecamatan Belitang Jaya, Desa Bunga Mayang, Kecamatan Jayapura, Desa Nikan Kecamatan Madang Suku III, Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka dan Desa Burnai Mulya Kecamatan Semendawai Timur,” pungkasnya.(RICO/RILIS)

banner 728x90
  • Bagikan