PENILAIAN PENGHARGAAN LAMPUNG SEJAHTERA DI PEMKAB WAY KANAN

  • Bagikan

 

LAPORAN WARTAWAN : DEDY SETIAWAN

KABARSUMATERA. CO. ID / WAY KANAN Penilaian Penghargaan Lampung Sejahtera Tahun 2019 di Kabupaten Way Kanan berlangsung
di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan Senin (11/03/2019) pagi.

Menurut pantauan KABARSUMATERA. CO. ID di lapangan Wakil Bupati Way Kanan Drs. Edward Antony menyampaikan dalam sambutannya “Bahwa Kabupaten Way Kanan telah berdiri sejak 20 tahun yang lalu, dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 1999 tanggal 20 April 1999, bersamaan dengan Kabupaten Tingkat II Lampung Timur dan Kotamadya Daerah Metro, dengan jumlah penduduk tahun 2017 sebanyak 441.922 jiwa.

Pada awal kepemimpinan kami tahun 2016 dihadapkan pada persoalan mendasar menyangkut, penyelanggaraan pemerintahan, ketersediaan infrastruktur dasar, kondisi SDM dan kesejahteraan Masyarakat, serta keamanan kurang kondusif.

Berangkat dari issue tersebut, dalam rangka percepatan pembangunan, dirumuskan Visi “Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021.”

Lebih lanjut nya Edward Antony menjelaskan Essensi Visi tersebut adalah kondisi masyarakat yang semakin sejahtera, didukung oleh sistem penyelenggaraan pemerintahan akuntabel, infrastruktur dasar memadai, kualitas SDM, dan pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin baik.
Selanjutnya untuk mewujudkan visi tersebut ditetapkan 6 Misi yaitu :
1. Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, melalui peningkatan kapasitas kebijakan, ketatalaksanaan, kelembagaan dan sumber daya manusia aparatur.

2. Peningkatan kualitas dan jangkauan infrastrukur dasar, meliputi meningkatkan proporsi jalan dalam kondisi mantap, sanitasi, rasio elektrifikasi dan jaringan irigasi.

3. Mempersiapkan Sumberdaya Manusia yang kompetitif, dengan memberikan pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial yang terjangkau dan berkualitas, serta perluasan akses dan penguatan peran perempuan, pemuda dan anak.

4. Revitalisasi kebijakan pertanian;
pengembangan produk unggulan daerah; dengan meningkatkan pembinaan hulu-hilir usaha pertanian, dalam rangka meningkatkan nilai tambah hasil pertanian.

5. Mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah, Memajukan Koperasi, UMKM, IMKM, dan Industri menengah seuai potensi daerah.

6. Mewujudkan sistem keamanan dan ketertiban yang kondusif;
Dengan visi dan Misi tersebut kita berharap, tidak ada satupun elemen masyarakat yang tidak tersentuh pembangunan.

Dan seelanjutnya terkait kinerja Pemkab Way Kanan dalam pengentasan kemiskinan, saat ini belum dapat membuat kita berpuas hati karena tahun 2018 hanya turun tipis sebesar 0,54% menjadi 13,52%, masih lebih tinggi dari rata rata Provinsi Lampung 13,14%.

Persoalan mendasar yang dihadapi masyarakat adalah rendahnya pendapatan akibat pertanian tradisional dan nilai tukar komoditas pertanian yang terfluktuatif. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut kita terus berupaya merevitalisasi sektor pertanian dengan memperbaiki infrastruktur pertanian, pengembangan unggulan-unggulan daerah, meningkatkan SDM petani, dan mengembangkan usaha olahan hasil pertanian untuk meningkatkan Value Added masyarakat dengan memberikan akses kemudahan permodalan melalui BUMD (Bank Syariah Way Kanan). Kata Wabub Way Kanan.

Begitu pun disamping pendekatan ekonomi ditersebut, pendekatan sosial terus kita tingkatkan melalui pemberian bantuan bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Rastra (Beras Sejahtera), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BOS dan BOSDA, Beasiswa Siswa Miskin (BSM), Bedah Rumah dari Pemerintah Pusat dan Daerah, Penyaluran CSR berupa sambungan Listrik bagi RTM, BAZDA dan lain-lain, dan secara bersamaan banyak program pemberdayaan masyarakat dari SKPD terus diarahkan untuk pemberdayaan keluarga miskin.

Kedepan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Way Kanan dan meningkatkan ketepatan sasaran program penanggulangan kemiskinan, saat ini kami sedang berupaya melakukan upaya verifikasi dan validasi data BDT dengan SIKS-NG dan mengembangkan Sistem Informasi Data Terpadu Kemiskinan (SIDATUK) Ramik Ragom.

Melalui SIDATUK RAMIK RAGOM ini :
1. Setiap SKPD akan dengan mudah memilih sendiri variabel yang dibutuhkan untuk melakukan intervensi kepada sasaran : keluarga miskin, penyandang cacat, rumah tidak layak huni, fasilitas BAB masyarakat dll.

2. Setiap SKPD akan dengan mudah memantau perkembangan dari hasil intervensi yang telah dilakukan terhadap rumah tangga atau sasaran;
3. SIDATUK RAMIK RAGOM Way Kanan yang terintegrasi dengan SIMNANGKIS Pemerintah Provinsi, akan meningkatkan sinergitas dalam penanggulangan kemiskinan.

4. Melalui SIDATUK RAMIK RAGOM dapat memastikan dan memudahkan dalam hal menentukan sasaran program/ kegiatan SKPD serta pelaporan, Akhir kata, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Penilai Penghargaan Lampung Sejahtera Tahun 2019, dan seluruh pihak yang terlibat atas pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Way Kanan”. Tutup Edward Antony

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan