Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani diharapkan Dongrak Produksi Beras OKU Timur

  • Bagikan
Fpto : Doc Kabersumatera.co.id

Laporan Wartawan : Anton
Redaktur : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / OKU Timur – Kementerian Pertanian lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) menggencarkan Program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi).
Program Selamatkan rawa sejahterakan petani (serasi), Guna mengoptimalkan pemanfaatkan potensi lahan dan rawa yang tersedia.

Adapun untuk tahun 2019, program tersebut diprioritaskan dibeberapa Propinsi, diantaranya, Sumatera Selatan (Sumsel), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menjadi lokasi pertama. Sedangkan di provinsi sumsel ada beberapa yang menerima program kementerian pertanian ini, salah satunya yakni kabupaten OKU Timur.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Sujarwanto melalui Kepala Bidang sarana prasarana dan perlindungan, Niswaturrohmah, STP mengatakan, program serasi ini digalakkan di jalur komering, karena diwilayah tersebut masih banyak lahan rawa yang belum maksimal pemanfaatannya, dan melalui program ini diharapkan lahan rawa tersebut dapat lebih produktif lagi dari sebelumnya.

“Harapannya dengan adanya program selamatkan rawa sejahterakan petani (serasi) ini semoga dapat lebih meningkatkan hasil panen yang tadinya satu kali panen hanya mencapai 3,5 ton sehingga menjadi dua kali panen dan mencapai 7 ton dalam satu tahunnya”, harapnya.

Salah satu petani mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Pertanian terhadap Program Serasi 2019.”Program Serasi ini benar-benar memberikan manfaat dalam peningkatan produksi di lahan yang kami garap,” Ucapnya

Saat ini petani dapat melakukan pertanaman kedua dengan prakiraan produksi yang dihasilkan pun berkisar 7 ton per hektar.Bila dibandingkan dengan sebelumnya, yaitu hanya satu kali dan hanya mampu memproduksi 3,5 ton per hektar, tentu pertanaman yang sekarang dapat dikatakan meningkat cukup jauh.

 

Baca Juga :

RUTIN SETIAP JUMAT PEMUDA MUHAMMADIYAH KHITANKAN ANAK WAY KANAN

JUMAT BERKAH POLRES OKU TIMUR BERSAMA RATUSAN JAMAAH DI MASJID AT TAQWA DESA CIPTA MUDA

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan