RADEN ADIPATI SURYA PIMPIN AKSI GREBEK KANTONG BELANJA PLASTIK DAN GREBEK SAMPAH

  • Bagikan

Laporan Wartawan : Rls/KS
Redaktur :Anggi Subagio

KABARSUMATERA.CO.ID / WAY KANAN –
Pemerintah Kabupaten Way Kanan menggelar aksi grebek kantong belanja plastik dan grebeg sampah yang berfokus di lingkungan Pasar Blambangan Umpu dan bersih-bersih lingkungan di seputaran jalan jenderal sudirman, Jumat (28/6/2019) Pagi.

Aksi ini dipimpin langsung oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya didampingi Forkopimda, Sekda, Pimpinan SKPD, Pejabat Eselon III, IV dan seluruh Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Way Kanan.

Mengawali aksi Bupati Way Kanan menyampaikan bahwa melalui kegiatan tersebut ia berharap mampu membangkitkan optimisme masyarakat dengan meningkatkan kesadaran dan bekerjasama dalam mengelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai mewujudkan Kabupaten Way Kanan yang bersih dan sehat.

Selanjutnya Bupati Way Kanan mengingatkan peristiwa terkait bencana sampah. Kilas balik 14 tahun lalu atau tepatnya tanggal 21 Februari 2005 terjadi tragedi longsornya timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Leuwi Gajah, Cimahi, Bandung, Jawa Barat yang diduga karena curah hujan yang sangat tinggi, serta ledakan gas metana (CH4) yang terperangkap dalam timbunan sampah. Longsornya 2,7 juta meter kubik sampah itu, kemudian menimpa permukiman yang berada di bawah TPA tersebut. Lebih dari 147 jiwa terkubur hidup-hidup dan dua kampung adat hilang dari peta karena tertimbun sampah. Sebuah peristiwa bencana yang belum pernah terjadi di belahan dunia manapun.

Selanjutnya Raden Adipati Surya menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk memotivasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Disamping itu, juga sebagai amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah serta Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.
Sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi telah dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017, tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan sampah serta mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan.
Pemerintah Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 berkomitmen untuk melakukan Pengurangan Sampah Rumah Tangga dan sampah Sejenis Rumah Tangga sebesar 20 %, Target Penanganan Sampah sebesar 80 %, seperti yang tertuang dalam Kebijakan dan Strategi Kabupaten Way Kanan dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Pemerintah Daerah dalam hal ini sebagai inisiator mengajak para aktor utama pada kegiatan ini, yaitu masyarakat, aktivis, komunitas, aparat pemerintah, pihak swasta maupun LSM dibidang lingkungan, hingga tokoh-tokoh yang peduli pada sampah dan lingkungan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai.

banner 728x90
  • Bagikan