SEKDA WAY KANAN SAIPUL S.SOS. M.IP. HADIRI PEMBINAAN DAN SOSIALISASI KEPADA BADAN PERMUSYAWARATAN KAMPUNG(BPK) KABUPATEN WAY KANAN

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id BLAMBANGAN UMPU-Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) sebagai bagian dari Pemerintahan Kampung merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Saipul, S.Sos., M.IP saat membacakan sambutan tertulis Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M pada pembukaan Pembinaan dan Sosialisasi Kepada Badan Permusyawaratan Kampung se Kabupaten Way Kanan yang berlangsung di aula dinas PMK setempat, Kamis (16/11) siang.

Disampaikannya, BPK bersama dengan kepala kampung berfungsi menetapkan Peraturan Kampung serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Dengan demikian maka pemerintahan kampung dituntut untuk mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

“BPK secara umum mempunyai kewenangan, diantaranya membahas Rancangan Peraturan Kampung Bersama Kepala Kampung dan melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Kampung,”Jelas Saipul

Saya minta bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”Sambungnya.

Kepala kampung dan BPK lanjut Saipul merupakan mitra, untuk itu harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di kampung.

Sementara itu dalam rangka pelaksanaan kebijakan pemerintah kabupaten way kanan melalui alokasi dana kampung (ADD), Saipul menegaskan agar kepala kampung dan BPK dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan, sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dalam penggunaan keuangan, serta pengelolaannya dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

Saya menghimbau agar kiranya saudara menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di kampung baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat kampung secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian kampung baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka mewujudkan Way Kanan Maju Dan Berdaya Saing 2021,”Pinta Saipul yang pernah menjabat sebagai asisten Bidang Administrasi Umum sekretariat Daerah kabupaten Way Kanan itu.

Lebih jauh dijelaskannya, Guna mempersiapkan Badan Permusyawaratan Kampung yang professional maka dibutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui program pembinaan dan sosialisasi terhadap BPK.

“Melalui kegiatan hari ini kita harapkan BPK dapat lebih memahami tugas pokok fungsi dan kewenangannya sebagai Badan Permusyawaratan Kampung yang bekerja bersama dengan Pemerintahan Kampung dalam melaksanakan pembangunan di wilayahnya,”Tutup Saipul

Slamet Rianto Salah satu Ketua (BPK) Badan Permusyawartan Kampung yang ada di Kabupaten Way Kanan menyampaikan ke Media Online KabarSumatera.co.id melalui telpon selulernya dengan adanya Sosialisasi ini berharapap “antara BPK dan kepala kampung dapat bersinergi dalam segala sesuatu (Pembangunan Kampung) sesuai Tupoksi nya, demi kemajuan kampung,serta dapat mewujudkan Visi Misi Bupati Kita Maju Dan Berdaya Saing”.ucap Slamet (RICO)

banner 728x90
  • Bagikan