UPAYA BASMI HAMA WERENG BUPATI OKU TIMUR AJAK AHLI SIAPKAN RAMUAN MUJARAB

173

Laporan Wartawan : Andri
Redaktur : Anggi Subagio

KABARSUMATERA.CO.ID/OKU TIMUR – Bupati OKU Timur mengumpulkan seluruh perangkat pertanian untuk melaksanakan rapat koordinasi dinas pertanian di Aula Bina Praja II PEMKAB OKU Timur, Senin (15/07/2019).

Bupati OKU Timur H. Kholid Mawardi S.Sos M.si mengungkapkan bahwasanya ia sengaja mengajak praktisi dari Perguruan tinggi yang sudah ahli di bidangnya dengan komitmen 5 hari hama wereng mati hingga akarnya.

” Sebenarnya di Oku Timur sudah ada tim pengendali hama wereng yaitu garda pengendali hama wereng, namun obat yang di gunakan tidak dapat membasmi wereng hingga telurnya, hanya membasmi induknya saja. Oleh karena itu saya sengaja mengajak praktisi dari Perguruan tinggi, membuat ramuan atau obat yang dapat membasmi wereng dengan janji 5 hari wereng tewas hingga akarnya,maka dari itu kita demonstrasi kan “, ungkapnya.

Salah satu faktor penyebab hadirnya wereng yaitu dikarenakan faktor pH tanah di OKU timur mulai menurun.

” pH tanah di OKU Timur sudah turun atau sudah tidak subur, dengan pH dibawah 5, itulah salah satu penyebab wereng menyerang. Tanah Ibarat tubuh, jika dia tidak sehat maka penyakit pula mudah menyerang. Oleh karena itu saya dari tiga tahun yang lalu gencar mensosialisasikan untuk menanam padi organik atau bercocok tanam organik, agar dapat menjaga kesuruburan tanah kita. “, pungkasnya.

Sementara Kepala dinas pertanian kabupaten OKU Timur Sujarwanto SP, MM menjelaskan persentase luas serangan hama wereng sendiri di OKU Timur berkisar 10%.

“Sebenarnya serangan ini serangan ringan, dari luasan 1000 hektar, kemarin kita sudah cek berkisar 1/2 hektar yang terkena dampak, 10 % lahan yang terkena dampak serangan hama wereng “, pungkasnya.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda