WABUB EDWARD ANTONY LEPAS PESERTA STUDY KOPI ROBUSTA WAY KANAN KE JAWA BARAT

  • Bagikan

Laporan Wartawan : KS/Rls
Redaktur : Anggi Subagio

KABARSUMATERA.CO.ID/ WAY KANAN – Pelepasan Peserta Study Tiru Reflikasi Kelembagaan Bisnis dan Kemitraan Pasar Ekspor Kopi Robusta Way Kanan Ke Koperasi Mitra Malabar Jawa Barat berlangsung di Rumah Jabatan Wakil Bupati Way Kanan, (12 /8/ 2019)

Wakil Bupati Edward Antony dalam sambutannya menyampaikan
Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian menyebutkan bahwa pembangunan koperasi merupakan tanggung jawab pemerintah dan seluruh rakyat. Oleh karena itu, untuk menuju Era Industri 4.0 era digital, pemerintah mengemban tanggung jawab tersebut dan dalam hal ini bertindak sebagai fasilitator dalam Study Tiru Model Kelembagaan Bisnis Kopi ke Koperasi Mitra Malabar Jawa Barat, sehingga  koperasi dapat menjadi kuat dan dapat dapat bersaing,  sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Way Kanan maju dan berdaya saing tepatnya pada misi kelima yaitu mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah menuju keunggulan kompetitif dan komparatif.
Didalam menjalankan usaha perkoperasian,  sumber daya manusia, dalam hal ini adalah  pengurus-pengurusnya memerlukan adanya pengetahuan yang benar dalam pengelolaan usaha guna pengembangan usaha koperasi.  Maka diperlukan adanya pengetahuan yang baik dari pengurus koperasi bagaimana mencari akses pemasaran guna memperkuat usaha koperasi yang tengah dijalankan.
Terkait hal tersebut, maka pemerintah sebagai fasilitator bagi koperasi-koperasi kopi yang ada di Kabupaten Way Kanan telah melakukan MoU dengan Bank Indonesia terkait akses pengembangan Usaha Kopi yang dapat berguna bagi usaha koperasi Kopi yang ada di Kabupaten Way Kanan. Perkebunan Khususnya kopi tersebar di wilayah kecamatan Banjit, Kasui, Rebang Tangkas, Baradatu, dan Gunung Labuhan. Luas area perkebunan kopi rakyat di Kabupaten Way Kanan  seluas 25.895 hektar dengan jumlah produksi buah kopi mencapai 13.355 ton/tahun.
Dari data diatas dapat kita simpulkan bahwa kopi merupakan hasil utama perkebunan di Kabupaten Way Kanan.

Selanjutnya Edward Antony berharap kedepan petani kopi Way Kanan dapat meningkatkan mutu dan kwalitas kopi sehingga mampu menembus pasar yang lebih luas.

banner 728x90
  • Bagikan