Div Humas Bawaslu Prov Lampung dan C.E.O Radar Way Kanan Beri Materi Kehumasan Pada Panwascam Way Kanan

159

Laporan Wartawan : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / Lampung – Selain dituntut untuk melaporkan hasil pengawasan secara berjenjang, Pengawas Pemilu juga diharapkan dapat menarasikan hasil kinerjanya untuk dipublis sehingga khalayak/public menjadi tahu. Atas dasar tersebut, Bawaslu Kabupaten Way Kanan mengadakan Bimbingan Teknis terkait Kehumasan bagai Panwascam seKabupaten Way Kanan bertempat di aula Hotel Arinas Bandar Lampung, Jumat18/9/2020.

Dalam kegiatan Bimtek Kehumasan tersebut diikuti oleh peserta dari Jajaran Panwascam Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat, Disivi Hukum Penindakan Pelanggaran, dan Staf Divisi Pengawasan Panwscam seKabupaten Way Kanan.

H. Hermansyah, selaku C.E.O Radar Way Kanan Lampung yang menjadi salah satu pemateri pada Bimtek Kehumasan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan menulis/membuat berita merupakan rutinitas Pewarta, namun tidak mustahil apa bila seseorang belajar dengan tekun maka akan dapat menghasilkan sebuah berita juga yang bagus.

‘’Kalau Wartawan pasti sudah biasa dengan kegiatan membuat berita dari sebuah peristiwa/fakta yang terjadi, nah ada kesamaan dengan Panwascam yang melakukan kegiatan pengawasan langsung yang berkaitan dengan proses Pilkada Way Kanan Tahun 2020. Dengan peristiwa yang dialami langsung tersebut jika terus diasah kemampuan dalam menulis, maka akan dihasilkan berita yang baik’’. Jelas H. Hermansyah.

Dalam penulisan berita yang baik, minimal memenuhi 5 w 1 h dan 1 s,, apa, siapa, dimana, kapan, bagaimana, mengapa, dan harus aman dalam pemberitaan tersebut, sehingga berita yang dikeluarkan benar-benar akurat.
Selain dengan model pemberitaan, diharapkan jajaran pengawas juga untuk lebih mengoptimalkan akun media social baik milik pribadi maupun lembaga (Panwascam) agar kerja-kerja pengawasan tersebut terdokumentasikan dan juga terpublikasikan sebagaimana dijelaskan Ketua Bawaslu Way Kanan Yesi Karnainsyah, S. Sos.

‘’ Media social kita juga merupakan sarana publikasi dari hasil kerja pengawasan kita, bisa juga kita lakukan langkah-langkah pencegahan pelanggaran seperti memposting aturan hokum yang berkaitan dengan tahapan pemilihan yang sedang berlangsung’’. Terang Yesi.

Sementara itu, Yanto Panwascam Bahuga menyatakan bahwa kegiatan Bimtek Kehumasan ini sangat dirasakan manfaatnya, walau sebelumnya jajaran juga sudah memiliki akun medsos untuk publikasi, namun dengan adanya Bimtek ini dapat memantapkan lagi kinerja jajaran Pengawasan.

” Kegiatan ini sangat memberi wawasan dan ilmu kepada kami jajaran panwascam sehingga kedepan kami dapat melakukan kegiatan kehumasan dengan baik”. Ujar Yanto.

Selanjutnya, pemateri lain hadir dari Bawaslu Provinsi Lampung M. Teguh, S.Pd. I selaku Divisi Humas Bawaslu Provinsi Lampung memberikan materi Kehumasan Bawaslu.

M. Teguh juga membahas berbagai dinamika Kehumasan dalam pengawasan diberbagai tingkatan.

” Jika kita tidak buat catatan maka tidak akan ada catatan sejarah tentang kegiatan pengawasan yang kita kerjakan”, Ujar M.Teguh.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda