GUBERNUR SUMSEL TINJAU DAN SERAHKAN BANTUAN SEMBAKO KEPADA WARGA TERDAMPAK BANJIR BANDANG OKU SELATAN

  • Bagikan

 

Laporan Wartawan : Joko S.
Redaktur : Anggi Subagio

KABARSUMATERA.CO.ID/OKU SELATAN- Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru S.H, MM. meninjau lokasi dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Oku Selatan. Senin (11/05/2020).

Menurut pantauan awak media Pada Kegiatan tersebut, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meninjau secara langsung beberapa lokasi yang terdampak banjir yakni tangsi bawah kelurahan bumi agung kecamatan muaradua dan desa tanjung sari kecamatan simpang.

Selain meninjau titik lokasi kejadian banjir dan para korban banjir bandang, gubernur sumatera selatan juga memberikan bantuan kepada masyarakat Oku Selatan yang terdampak bencana banjir bandang tersebut.

Dalam kunjunganya Gubernur Sumsel di dampingi oleh kepala badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) Sumsel, kepala dinas PU Sumsel dan Sat Pol PP Provinsi Sumsel.

Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B Commerce. dalam sambutannya mengatakan atas nama masyarakat OKU Selatan mengucapkan ucapan terimakasih atas perhatian gubernur Sumsel terhadap masyarakat yang menjadi korban musibah banjir bandang beberapa waktu lalu. Popo berharap kehadiran gubernur Sumsel ini dapat menjadi pengobat dan penyemangat bagi masyarakat OKU Selatan khususnya para korban banjir bandang tersebut.

Selain itu Bupati OKU Selatan juga menyampaikan bahwa banjir yang menerjang 7 kecamatan di OKU Selatan disebabkan oleh tingginya intensitas curah hujan sehingga mengakibatkan meluapnya tiga sungai yang ada di OKU Selatan yakni Sungai Kemu, Sungai Saka dan Sungai Selabung.

“Beruntung pada bencana ini tidak terdapat korban jiwa”, tuturnya.

Selain bencana banjir, intensitas curah hujan yang tinggi juga menyebabkan bencana tanah longsor di kecamatan Pulau Beringin yang merenggut satu korban jiwa.

“Tingginya intensitas curah hujan menyebabkan meluapnya tiga sungai di OKU Selatan yakni sungai Kemu, Sungai Saka dan Sungai Selabung. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada musibah ini. Selain banjir, hujan juga mengakibatkan bencana tanah longsor yang terjadi di 9 titik di Kecamatan Pulau Beringin dan merenggut satu korban jiwa.” Ujar Popo

Di akhir sambutannya Popo ali mengatakan bahwa pemerintah kabupaten OKU Selatan telah berupaya semaksimal mungkin dalam menangani dan menanggulangi musibah yang terjadi.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru S.H, MM. dalam sambutannya mengatakan musibah ini merupakan ujian yang harus diterima dengan hati yang lapang. Dengan adanya musibah ini, Herman Deru meminta para korban yang selamat agar tetap bersyukur karena masih diberi umur panjang.

Pada kesempatan ini Herman Deru juga mengatakan berdasarkan laporan Bupati OKU Selatan ada 7 jembatan yang rusak parah akibat di terjang banjir dan ratusan rumah rusak. Hal ini harus segera direnovasi.

“Jembatan yang putus harus segera di perbaiki begitu juga rumah warga yang rusak segera di bangun kembali”. Tegas Herman Deru

Heman Deru juga mengapresiasi kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan dalam menangani dan menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor di OKU Selatan.

Herman Deru meminta BPBD OKU Selatan terus meningkatkan kinerja agar bencana di OKU Selatan dapat lebih cepat dideteksi dengan cara melakukan sosialiasi tentang perkiraan cuaca dan ancaman musibah banjir maupun tanah longsor.

“Mengingat kabupaten OKU Selatan merupakan muara dari semua sungai yang air nya berasal dari Danau Ranau, Bukit Barisan, apa bila hujan datang dengan intensitas cukup tinggi maka masyarakat harus dihimbau untuk sigap dan waspada. BPBD juga harus sigap dalam penyelamatan”. Pungkasnya

Di akhir kegiatan kunjungan ini, Gubernur Sumsel menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat yang terdampak Banjir Bandang yang terjadi pada jum’at 8/5.lalu. berupa 5000 kg beras, 25 paket makanan anak, 100 dus mie instan, 40 lembar selimut, 40 lembar tikar, 30 dus makan ibu hamil 100 dus air mineral, 4 peralatan untuk anak sekolah, dan masih ada beberapa bantuan lainnya.

banner 728x90
  • Bagikan