Kapan Bandara Gatot Subroto Beroperasi ? Ini Jawaban Dinas Perhubungan Way Kanan & Komandan Lanudad Gatot Subroto

  • Bagikan
Foto : Anggi Subagio

Laporan Wartawan : Ag
Redaktur : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id/Way Kanan – Bandar Udara (Bandara) Gatot Subroto Way Tuba menjadi sorotan luas masyarakat, tak hanya way kanan namun juga masyarakat di kabupaten OKU Timur, OKU, OKU Selatan Hingga Lampung Utara. Hal tersebut bukan tanpa sebab, letak geografis Bandara Gatot Subroto yang sangat mudah dan dekat dijangkau dibandingkan bandara Radin Intan II di Lampug dan Sultan Mahmud Badarudin di Palembang warga Way Kanan, OKU, Oku Timur dan Oku Selatan akan merasa lebih dekat dengan bandara.

 

Landasan Udara Gatot Subroto  terletak di Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung yang semula merupakan pangkalan udara khusus militer milik TNI Angkatan Darat, pada pertengahan 2019 tepatnya  4 Juni 2019 resmi dibuka sebagai bandar udara sipil dan belum melayani penerbangan sipil hingga pada saat ini, Senin, (9/12/2019).

 

Dikonfirmasi awakmedia kabarsumatera.co.id dilokasi bandara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Way Kanan Yusron Lutfi., SH., MM  bersama dengan Komandan Lanudan Gatot Subroto Letkol CPN Yusuf Hidayat menjelaskan bahwa saat ini Bandara Gatot Subroto sedang dalam tahap persiapan menuju pengoprasian secara komersil dan pelayanan penerbangan sipil kepada masyarakat secara luas. “ Saat ini bandara Gatot Subroto sedang dalam masa persiapan infrastruktur yang memadai bagi standar penerbangan sipil, karena memang sejak diresmikan Pemkab Way Kanan secara terus menerus mendukung penuh baik dari segi pendanaan APBD maupun bentuk dukungan lain untuk mewujudkan bandara kebanggan masyarakat way kanan ini segera beroperasi “ Ujar Kepala Dinas Pehubungan Way Kanan Yusron Lutfi. SH., MM menjelaskan.

Lebih lanjut Yusron menambahkan jika fasilitas terminal bandara atau concourse adalah pusat urusan penumpang yang datang atau pergi. Di dalamnya terdapat pemindai bagasi sinar X, counter check-in, dan ruang tunggu (boarding lounge) serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang.di bandara, pax step, Parkir kendaraan, untuk parkir para penumpang dan pengantar/penjemput sudah dipersiapkan oleh Bandara Lanudad Gatot Subroto.

Komandan Lanudad Gatot Subroto Letkol CPN Yusuf Hidayat menegaskan bahwa saat ini bandara Gatot Subroto sudah memiliki Runway atau landasan pacu, Apron atau tempat parkir pesawat, Air Traffic Controller (ATC) berupa menara yang dilengkapi radio dan radar, serta genset. “ Saat ini di Bandara Gatot Subroto sudah tersedia Runway atau landasan pacu yang juga sudah teruji dengan beberapa kali menjadi tempat mendarat pesawat Hercules dan beberapa pesawat lain, serta pada saat peresmian dulu juga dipakai oleh Maskapai City Link dengan pesawat jenis ATR. Setelah itu tersedia juga arpon atau tempat parker pesawat, dan ATC atau Air Traffic Controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas udara.’’ Ujar Danlanudad Gatot Subroto Letkol CPN Yusuf Hidayat menjelaskan.

Lebih lanjut Danlanudad menyampaikan bahwa untuk jalan akses masuk dan keluar bandara sudah selesai dikerjaan. “ Saat ini penunjang akses keluar masuk bandara berupa jalan yang lebih kurang 800 meter sudah selesai dan tinggal pemasangan lampu jalan” Ujar Danlanudad.

 

[caption id="attachment_11695" align="aligncenter" width="4288"] Akses Keluar Masuk Bandara Gatot Subroto Way Kanan[/caption]

 

 

“ Saat ini sedang berlangsung beberapa pengerjaan untuk menuju kelayakan penerbangan sipil seperti yang disampaikan bapak kepala dinas perhubungan tadi, Insyallah pekerjan akan selesai dibulan desember ini” Ujar Danlanudad.

Lebih lanjut kepala dinas perhubungan kabupaten way kanan Yusron Lutfi. SH., MM menyampaikan bahwa saat ini pemerintah kabupaten way kanan serius menggarap Bandara Gatot Subroto menjadi bandara Komersil. “Beberapa waktu lalu Bupati Raden Adipati Surya sudah bertemu dan membahas operasional penerbangan bersama beberapa maskapai diantaranya adalah Garuda Indonesia dan saat ini yang terpenting adalah mencapai standar penerbangan sipil, perlu masyarakat ketahui bahwa peresmian bukan langsung beroperasi peresmian merupakan sebuah awal diresmikannya Landasan Gatot Subroto yang pada awalnya khusus untuk militer dan diresmikan menjadi bandara sipil. Tentu jika kelayakan bandara sudah memadai Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan segera membuka bandara ini untuk umum” Ujar Yusron menjelaskan dengan ramah.

banner 728x90
  • Bagikan