Pemkab OKU Timur Tempatkan Satu Desa Satu Pol PP

  • Bagikan

Laporan Wartawan : KS

Kabarsumatera.co.id / OKU Timur – Masih dalam suasana menuju 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur periode 2021-2024, Bupati H Lanosin ST kembali membuat gebrakan baru yang baru pertama kali ada di Indonesia, yakni program Satu Desa Satu Pol PP.

Program tersebut dilaunching di Halaman Kantor Bupati OKU Timur, Senin (29/03/2021). Bersamaan juga dalam pembukaan Diklat Pertama bagi Anggota Pemadam Kebakaran. Hadir langsung Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha, SH, dan para unsur Forkompida.

Dalam sambutannya, Bupati H Lanosin ST mengatakan, tugas pokok dan fungsi Satpol PP di setiap desa ini nantinya turut menyelenggarakan ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat, juga melakukan upaya preventif dan deteksi dini terhadap seluruh potensi yang dapat menimbulkan gangguan ketertiban dan ketentraman masyarakat di setiap Desa masing-masing.

“Dengan adanya satu Desa satu Pol PP, diharapkan Satpol PP semakin memiliki kedekatan langsung dengan masyarakat. Sehingga lebih mudah dalam meminimalisir dan mendeteksi sedini mungkin segala hal yang menimbulkan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, saat ini di Desa sudah ada Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk itu Satpol PP yang bertugas di Desa agar segera berkoordinasi dan terus bersinergi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Bupati juga mengingatkan agar langsung terlibat aktif dalam upaya pencegahan persebaran virus Covid-19 dengan melakukan penegakan dan pendisiplinan Protokol kesehatan Covid-19.

“Tujuan utama ditempatkanmya Sat Pol PP di setiap Desa ini untuk mewujudkan ketentraman masyarakat, disamping itu melalui program ini juga Satpol PP dapat memberikan pelayanan yang lebih intensif kepada masyarakat. Turut menjaga pembangunan,” ujarnya.

Berkenaan dengan Pilkades yang akan di laksanakan secara serentak di beberapa wilayah di OKU Timur dalam waktu dekat ini, Bupati Lanosin memerintahkan agar Satpol PP yang ada di desa untuk segera berkoordinasi dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk turut mewujudkan Pilkades aman damai dan berlangsung lancar.

“Pemerintahan wajib memberikan jaminan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Kehadiran Satpol PP disetiap desa ini diharapkan dapat menambah suasana kondusif yang selama ini sudah terwujud,” katanya.

banner 728x90
  • Bagikan