Perguruan Silat PO Way Kanan Meriahkan HUT PO ke-92

  • Bagikan

Laporan Wartawan : KS
REDAKTUR : Team Redaksi

KABARSUMATERA.CO.ID/ WAY KANAN – .
Sebagai salah satu upaya melestarikan budaya asli Indonesia, sekumpulan perguruan silat Way Kanan menggelar upacara peringatan HUT Pencak Organisasi (PO) ke-92 di padepokan silat kampung Umpu Kencana Kecamatan Blambangan Umpu. Selasa (27/08).

Selain upacara, perguruan silat PO melaksanakan ulang tahunnya dengan kegiatan atraksi-atraksi pencak silat serta perlombaan outdoor yang disaksikan oleh masyarakat umum.

Anton, salah satu pendekar muda PO menyampaikan bahwa PO adalah perguruan silat yang lahir sejak tahun 1927.
“PO lahir atas aspirasi rakyat Indonesia yang menginginkan kemerdekaannya kala itu,, PO sendiri pertama kali didirikan oleh Mayor Jenderal Imam Suja’i yang merupakan tokoh Islam sekaligus pejuang kemerdekaan yang turut bertempur melawan penjajah sebagai Panglima Divisi VII Suropati Jawa Timur” ujar Anton berkisah.

Maka dari itu, lanjut Anton, seluruh siswa dan pendekar PO Way Kanan berinisiatif menyelenggarakan kegiatan hari ulang tahun PO dengan melibatkan masyarakat umum setempat.
“Apalagi momen Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia, jadi ya sekalian HUT RI dan HUT PO. Tidak hanya di Way Kanan, HUT PO juga dirayakan serentak di beberapa padepokan lain seperti Lampung Tengah dan juga di Lumajang”. papar Anton

Terpantau dilokasi padepokan tersebut, ratusan orang yang terdiri dari pesilat PO dan masyarakat umum tampak gegap gempita merayakannya.

banner 728x90
  • Bagikan