Satu Warga Kecamatan Buay Madang Timur Meninggal Diduga Akibat COVID 19

400

Laporan Wartawan : Iwan
Redaktur : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / OKU Timur – Pada hari Senin tgl 28 September 2020 telah dilakukan monitor dan terhadap pemakaman standar Prosedur Covid 19 terhadap pasien meninggal dunia yang diduga terpapar Covid 19 di salah satu Desa di Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur.

Warga yang meninggal di duga terpapar Covid-19 tersebut berinisial AS(39) tahun pekerjaan tani baru pulang merantau berkebun di Kabupaten OKU Selatan dan mengalami sakit sejak di daerah Kabupaten OKU Selatan kemudian oleh keluarganya di bawa pulang ke rumahnya di desa Kecamatan Buay Madang Timur.

Kemudian oleh keluarga nya di bawa ke Klinik Muhammadiyah Dusun Rawa bening BK 3 Desa Srikaton Kecamatan Buay Madang Timur di lakukan Rapidtes dengan hasil *reaktif* dan kemudian pasien dirujuk ke RSUD OKU Timur di Desa Tulus Ayu Kecamatan Belitang Madang Raya diruang isolasi.

Dan pasien dilakukan Rontgen dengan hasil bagian Paru-paru terdapat flek hitam,Kemudian oleh pihak RSUD OKU Timur Desa Tulus ayu pasien di ambil SWAB kemudian dikirim ke Laboratorium Palembang. Pada saat dilakukan perawatan di RSUD OKU Timur Desa Tulus ayu tersebut pasien meninggal dunia pada hari Senin tgl 28 September 2020 sekira pkl 18.30 Wib.

Sekira pkl 23.00 Wib pasien yg terduga terpapar Covid 19 dimakamkan oleh Tim Medis dr RSUD OKU Timur Desa Tulus di Tempat Pemakaman Umum ( TPU ) salah satu Desa Kecamatan Buay Madang Timur dengan prosedur Protokol Covid 19 oleh Tim Medis dari RSUD OKU Timur Desa Tulus ayu.

Pihak RSUD OKU Timur DesaTulus ayu telah berkoordinasi terhadap UPTD Puskesmas Rawa Bening untuk melakukan Tracking/ penelusuran terhadap keluarga dan orang-orang yg telah Contak langsung terhadap pasien terutama untuk istri dan ke dua putra AS untuk dilakukan Isolasi mandiri dan akan dilakukan Rapidtes.

Tim gugus depan Covid -19 Kecamatan Buay Madang Timur beserta Polsek Buay Madang Timur juga telah berkoordinasi terhadap UPTD Puskesmas Rawa Bening, Kades dan perangkat Desa warganya yang terpapar untuk melakukan langkah-langkah penanganan pemakaman Standar Covid 19 dan menghimbau kepada warga untuk melakukan isolasi mandiri sambil menunggu prosedur selanjutnya dari pihak UPTD Puskesmas Rawa Bening.

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Rawa Bening sekaligus kepala gugus depan COVID-19 Kecamatan Buay Madang Timur Sudarti ketika di konfirmasi melalui WA membenarkan bahwa ada salah satu warga desa di Kecamatan Buay Madang Timur yang meninggal di duga terpapar COVID-19 dan berdasarkan Rapit test dengan hasil Positif untuk SWAB sendiri sudah kami kirimkan ke Palembang dan saat ini kami dari Gugus depan, UPTD Puskesmas Rawa Bening, Polsek BMT, serta perangkat desa sedang melakukan penulusuran atau tracking contak langsung terhadap pasien yang di duga terpapar COVID-19, terang Sudarti.

Seperti kita ketahui sebelumnya update warga Kabupaten OKU Timur dari dinas kesehatan per Selasa(29/09/2020) ada 52 yang Positif, Meninggal 5,sembuh 45,susfect 498,kontak erat 1648.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda