Sekda Way Kanan buka diklat produk hukum daerah tahun anggaran 2017

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id BLAMBANGAN UMPU-Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan Saipul membuka  Diklat Produk Hukum Daerah Tahun Anggaran 2017 di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)setempat, Rabu (08/11).

Saat membacakan sambutan mewakili Bupati Way kanan Raden Adipati Surya, saipul mengatakan Kewenangan Daerah membentuk peraturan daerah merupakan manifestasi dari otonomi daerah.

Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 18 menjelaskan daerah otonom, selanjutnya disebut daerah, adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam bingkai NKRI.

Masih lanjut Saipul Penyusunan produk hukum mempunyai arti penting dalam rangka menyamakan persepsi, peningkatan kinerja dan koordinasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Saipul berharap peserta Pendidikan dan Pelatihan ini nantinya akan lebih terampil dan mampu menyusun atau merancang suatu naskah produk hukum daerah yang baik, benar dan berkualitas, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Harap Saipul.

Pada keaempatan itu juga Saipul menjelaskan produk hukum daerah seperti Peraturan Daerah dan Keputusan Kepala Daerah merupakan produk hukum yang sangat pokok dan mendasar dalam kegiatan pemerintahan, sekaligus dijadikan dasar atau acuan dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Oleh sebab itu, setiap produk hukum daerah harus disusun dengan memperhatikan aspek filosofis, sosiologis dan yuridis, maka produk hukum tersebut akan efektif dalam penerapannya, dan tidak bertentangan dengan ketertiban umum atau peraturan yang lebih tinggi.

Saipul juga menghimbau kepada peserta agar mengikuti Pendidikan dan Pelatihan ini  dengan sebaik-baiknya. Bertanyalah kepada Widyaiswara bila materi yang disampaikan kurang dipahami, sehingga kegiatan ini benar-benar membawa manfaat dalam rangka penyusunan Produk Hukum di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan. Tutupnya

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Way Kanan , Paryanto, dalam laporannya menjelaskan kegiatan Diklat itu diikuti sebanyak 40 orang Aparatur Sipil Negara yang bertugas di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan.

Dengan waktu pelaksanaan selama 5 hari kerja dengan 50 jam pelajaran dimulai pada Hari Rabu, 08 November 2017. (RICO)

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan