Way Kanan: 40 Peserta Lansia ikuti Pelatihan Membatik di Kampung Bukit Gemuruh”

379

KabarSumatera.co.id BLAMBANGAN UMPU Kerajinan batik tulis di Kampung Bukit Gemuruh Kecamatan WAy Tuba, Kabupaten Way Kanan dirintis oleh salah satu warga yaitu Iswandi sejak Beberapa Tahun Yang lalu. Kini batik tulisnya sudah mulai dikenal oleh banyak kalangan,Khusus nya Masyrakat Way Kanan.

Awalnya, Iswandi salah satu Warga Bukit Gemuruh dan Juga tenaga pendidik mengikuti pelatihan membatik di Jakarta.
Motivasi Iswandi belajar membatik adalah ingin melestarikan budaya batik yang ada di Indonesia.

Dalam pengerjaan pesanan batik, saat ini Iswandi hanya dibantu oleh istrinya. Proses pembuatan batik pun cukup rumit. Pembuatan desain dan motif batik disesuaikan dengan pesanan pembeli tanpa merubah karakter batik.

Jika pembeli menginginkan motif atau desain yang rumit, maka proses pengerjaan akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan batik dengan motif yang sederhana. Pendapatan atau omset yang diperoleh juga tidak menentu. Menurut Iswandi , omset yang diterimanya tergantung dari banyaknya jumlah pesanan.

di tempat yang sama , Kepala Kampung Bukit Gemuruh ,Tauzi ,mengatakan ke KabarSumatera bahwa “batik tulis yang di hasilkan Warga Bukit Gemuruh ini sudah mendapat perhatian dari pecinta batik, baik dari Kabupaten Way Kanan maupun dari luar”.pungkas Orang Nomor satu di kampung tersebut

hal ini menjadi perhatian dari Dinas sosial kabupaten Way kanan, Kadis Dinas Sosial Pardi, menyampaikan Melalui Kabid Rehabilitasi sosial Musa SH. “kami mengadakan acara pelatihan pembinaan dan pelayanan Sosial Bagi Usia Lanjut Produktif Untuk membatik.” pungkas nya

maka dari itu kami menyelenggarakan acara pelatihan di Kampung Bukit Gemuruh,Way Tuba,Way kanan tepat nya di Smp N 05 Way Tuba selama 3 hari berturut turut mulai dari (25/09)sampai(27/09),dengan di ikuti 40 peserta baik dari peserta Usia lanjut maupun Pengrajian yang ada.

kegiatan pelatihan membatik ini pun pertama kali kami gelar di kampung Bukit Gemuruh tahun 2017.dengan Harapan semangat juang yang bisa memperkenalkan kampung maupun kabupaten Way kanan Maju dan Berdaya Saing di kancah Nasional dengan industri batik yang di miliki,kata Musa dalam sambutan nya.(Rico)

 

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda