Bawaslu Way Kanan Bersama OKP Adakan Sosialisasi Pengawasan

  • Bagikan

 

Laporan Wartawan : Anggi Subagio

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Way Kanan dalam rangka peningkatan partisipasi pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Way Kanan tahun 2020, mengadakan sosialisasi pengawasan secara Dairing bersama organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dan KNPI seKabupaten Way Kanan, Sabtu/29/8/2020.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 5 peserta dari 11 OKP, PK, dan DPD KNPI Kabupaten Way Kanan.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan beberapa materi seperti : Pengawasan Partisipatif oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung (Iskardo. P. Panggar), Pengawasan Pilkada Ditengah Pandemi Covid-19 oleh Ketua Bawaslu Way Kanan (Yesi Karnainsyah), dan Penanganan Pelanggaran pada Pilkada 2020 oleh Kordiv.PP Bawaslu Way Kanan (Triwana).

Iskardo menjelaskan bahwa dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan demi proses demokrasi sesuai peraturan perundang-undangan.
“Peran masyarakat dan OKP ini sangat penting, guna mengedukasi masyarakat pemilih agar terciptanya Demokrasi sesuai aturan”. Terang Iskardo.

Yesi Karnainsyah, Ketua Bawaslu Way Kanan juga menambahkan bahwa proses penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 ini telah berjalan, dan Bawaslu Way Kanan beserta jajaran sampai tingkat Desa/Kelurahan telah melakukan pengawasan.

“Ada beberapa hal yang kita uraikan mulai dari 1.114 Alat Peraga Sosialisasi (APS) yang melanggar per-Februari 2020, 26 pelanggaran ditahapan pemutakhiran daftar pemilih per-Agustus 2020, dan 2 Pelanggaran Netralitas ASN”. Jelas Yesi

Triwana selaku Kordiv.Penindakan Pelanggaran juga menjelaskan rambu-rambu yang berpotensi menjadi pelanggaran, bagaimana penanganan pelanggaran yang bersumber dari temuan dan juga laporan serta meminta masyarakat aktif melaporkan suatu pelanggaran yang terjadi dan akan diproses jika syarat formil dan materilnya terpenuhi jelas Triwana.

Sementara itu, salah seorang peserta atas nama Winarno dari PDPM Way Kanan bertanya pada sesi tanya-jawab terkait pemilih apabila saat pemilihan tidak menggunakan masker, maka apa tindakan pengawas?

Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung (Iskardo) bahwa saat ini kita tengah menunghu regulasi hukum (PKPU) yang mengatur tentang pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara. Menjadi penting juga selain menyelenggarakan Pilkada kita juga patuh pada protokol kesehatan, misal pemilih saat menggunakan hak pilihnya menggunakan masker, kemudian diberikan sarung tangan, serta pembatasan Social Distancing agak tidak terjadi penyebaran Covid-19 dari proses Demokrasi ini tutup Iskardo.

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan