Bersiap Pengawasan Pencalonan Pilkada, Bawaslu Way Kanan Gelar Rakor Bersama Panwascam

344

Laporan Wartawan : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / Lampung –
Bawaslu Way Kanan adakan Rakor tahapan pengawasan bersama Panwascam dan Staf Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL) dan Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) pada Selasa (3-4 / 3/ 2020) bertempat dihotel Nusantara Syariah Bandar Lampung.

Rakor tersebut menghadirkan beberapa narasumber seperti KPU Way Kanan, Bawaslu Provinsi Lampung, dan materi dari Anggota Bawaslu Way Kanan.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung (Iskardo P. Panggar) menyampaikan bahwa dalam pengawasan tahapan pencalonan ini para pengawas harus bekerja solid bersama team pengawas.

“Bisa jadi para anggota Panwascam di Way Kanan ini baru semua didalam satu kecamatan, bisa jadi juga ada beberapa yang baru, bahkan bisa jadi baru semua. Oleh sebab itu, rasa kekeluargaan harus terbangun guna optimalisasi fungsi pengawasan”. Terang Iskardo.

Pencalonan untuk Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan terdapat 2 metode, pertama pencalonan dari jalur perseorangan yang dimulai saat 19-23 Februari 2020 kemarin, dan di Kabupaten Way Kanan tidak terdapat calon perseorangan yang mendaftar. Kedua pencalonan dari jalur partai politik, dimana pasangan calon minimal didukung oleh 20% kursi parpol yang ada di DPRD Way Kanan.

Sementara itu, Yesi Karnainsyah selaku Ketua Bawaslu Way Kanan menambahkan bahwa Panwascam harus melakukan pengawasan secara maksimal disetiap tahapan, karena kebedaraan pengawas pemilu sendiri ingin memberikan rasa adil kepada para peserta pemilihan.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda