Coklit Serentak, KPU – Bawaslu Hadir Pada Coklit di Dapil 5 Way Kanan

170

Laporan Wartawan : Anggi

Kabarsumatera.co.id / Way Kanan – Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih merupakan bagian dari proses mendaaptkan daftar Pemilih yang akurat untuk Pilkada Serentak Tahun 2020. Oleh sebab itu, KPU Way Kanan melalui Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) melakukan coklit serentak dan diawasi oleh Pengawas Pemilu. Sabtu, 18/7/2020.

Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih (Coklit) ini telah dimulai dari tanggal 15 Juli & 13 Agustus 2020 sebagaimana dijelaskan I Gede Klipz Darmajaya Anggota KPU Way Kanan saat melakukan monitoring pencoklitan di daerah pemilihan (Dapil) 5 (Kecamatan Banjit, Kasui, dan Rebang Tangkas).

“Kita telah melakukan tahapan pencoklitan dari tanggal 15 Juli berupa klik serentak, dan hati ini 18 Juli Coklit serentak dan diutamakan ke tokoh-tokoh masyarakat yang ada disetiap kecamatan, dan kami pun dari KPU Way Kanan hari ini monitoring dibeberapa wilayah”. Jelas Gede Klipz.

Adapun beberapa tokoh masyarakat di dapil 5 yang hari ini dicoklit seperti mantan Ketua KPU Way Kanan (Darul Hafidz) yang berada di Kecamatan Banjit, Camat Kasui (Ansori), dan Anggota DPRD Way Kanan (Tukiman Ngalimun) di kediaman nya Kecamatan Rebang Tangkas.

Sementara itu, ditempat yang sama Sukindra selaku Anggota Bawaslu Way Kanan menyampaikan pentingnya Daftar Pemilih dalam proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Lampung tahun 2020.

“Daftar Pemilih yang akurat akan berpengaruh besar terhadap angka partisipasi pemilih, oleh sebab itu proses pemutakhiran daftar pemilih dari DP4 sampai dengan ditetapkan nantinya sebagai daftar pemilih tetap (DPT) ini menjadi fokus pengawasan kami (Pengawas Pemilu dari Kabupaten sampai dengan tingkat kelurahan/desa), selain itu juga, kami Pengawas Pemilu membuka posko pengaduan bagi masyarakat Way Kanan yang belum masuk atau terdaftar sebagai pemilih, begitu pun dengan permasalahan lainnya yang berkaitan dengan pemilihan”. Jelas Sukindra.

Pencoklitan kepada tokoh masyarakat disetiap Kecamatan ini juga bertujuan agar peran aktif dari berbagai lapisan masyarakat untuk ikut serta mensukseskan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Way Kanan (Bumi Ramik Ragom) ini.

PP

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda