Ketua Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Pilkada Pada Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dibidang Politik Oleh Kesbangpol

  • Bagikan

Laporan Wartawan : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / Way Kanan – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Way Kanan menggelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dibidang Politik pada masyarakat Dapil II kabupaten Way Kanan di Aula Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung, Selasa, (3/11/2020) Pagi.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Way Kanan Drs. Marson., MM, Ketua Bawaslu Kabupaten Way Kanan Yesi Karnainsyah, S.Sos., Anggota KPU Kabupaten Way Kanan Doan Endedi., SH., Camat Way Tuba Irwansyah., S.Sos., MH, Camat Bumi Agung.

Pada acara yang dihadiri puluhan masyarakat dapil 2 tersebut juga di hadiri oleh Ketua Panwaslu Kecamatan dan PPK se dapil 2.

Pada sambutannya Sekretaris Kesbangpol menyampaikan bahwa tugas pemerintah daerah pada pilkada adalah membantu dan memfasilitasi pemilihan kepala daerah.

” Tugas Pemerintah membantu dan memfasilitasi pemilihan kepala daerah, pada Desember nanti akan dilakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan.” Ujar Marsin di awal sambutannya.

“Kalau tidak salah ini adalah agenda pemilihan yang ke 4 untuk kabupaten Way Kanan, tantangan pada pilkada ini adalah partisipasi Pemilih” Marson menambahkan.

” Tanggung jawab suksesnya pemilu bukan hanya KPU dan Bawaslu, tapi juga masyarakat dan juga peserta pemilu ” Ujar Marson.

” Kami mohon bapak ibu sampaikan pada masyarakat luas untuk mengajak bersama-sama mensukseskan pemilu dengan mengurangi pelanggaran dan meningkatkan jumlah partisipasi, mari kita gunakan hak pilih kita pada 9 Desember 2020 dan patuhi protokol Kesehatan”, Pungkas Marson.

Ketua Bawaslu Kabupaten Way Kanan Yesi Karnainsyah S.Sos menyampaikan pada hadirin bahwa pada saat ini adalah hari ke 39 masa kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan.

” Pada hari ini adalah hari ke 39 Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati , kampanye juga tentunya mengajak masyarakat untuk memilih pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, dan Dapil II ini merupakan daerah pemilihan yang paling banyak digelar kampanye boleh pasangan calon maupun tim pemenangan”, Ujar Yesi Karnainsyah.

” Pemasangan Alat Peraga Kampanye juga tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan zona yang ditetapkan oleh KPU, juga saat ini APK difasilitasi oleh KPU, dan memperbanyak APK ini juga ada aturan maksimal 200 persen penambahan” terang Yesi Karnainsyah.

” Pada saat ini pasangan calon juga dapat menggelar pertemuan tatap muka yang digelar dengan peserta tidak boleh lebih dari 50 peserta, dan tidak boleh melakukan kegiatan berskala besar”, Ujar Yesi menambahkan.

” Ada juga kampanye di media, baik media elektronik ataupun media cetak 21 hari menjelang hari tenang” Yesi menambahkan.

Yesi Karnainsyah juga mengajak masyarakat untuk bersama – sama mengawasi kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan kepemiluan.

” Kami harapkan bapak ibu sekalian dapat membantu memberikan informasi dugaan pelanggaran dan melaporkan pada PKD atau Panwascam, sehingga kita bisa menurunkan Potensi pelanggaran ” Jelas Yesi Karnainsyah.

Sementara Komisioner KPU Way Kanan Doan Endedi, SH menyampaikan bahwa pilkada tahun ini akan berbeda dengan pilkada sebelumnya karena digelar pada masa pendemi.

” Saat ini kita menjalani Pilkada yang berbeda dengan pilkada sebelumnya, karena digelar pada saat pendemi dan ada hal hal baru yang diterapkan pada pilkada saat ini” Ujar Doan.

Doan juga menambahkan bahwa pihaknya, KPU Kabupaten Way Kanan senantiasa melakukan sosialisasi pada masyarakat baik secara langsung atapun melalui jajaran PPK dan PPS.

” Kami dari KPU Way Kanan tidak henti-hentinya mensosialisasikan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan 2020, Baik kami secara langsung ataupun melaui PPK dan PPS.” Ujar Doan Menambahkan.

” Pada saat pilkada ini Way Kanan terdiri dari 15 Kecamatan dan terisi dari 323.068 pemilih. Semoga partisipasi kita tinggi, kita terapkan Protokol kesehatan pada saat mencoblos, dan jangan takut datang ke TPS karena petugas di TPS nantinya akan di Rapid Tes terlebih dahulu sebelum bertugas”, Pungkas Doan.

banner 728x90
  • Bagikan