Mantapkan Persiapan Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih, Bawaslu Way Kanan Rakor Bersama Panwascam

  • Bagikan

Laporan Wartawan : Anggi

Kabarsumatera.co.id / Way Kanan – Dalam rangka persiapan pengawasan tahapan pemutakhiran daftat pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Lampung tahun 2020, Bawaslu Way Kanan mengadakan rapat kordinasi dengan jajaran Panwascam di hotel Grand Praba Bandar Lampung. Jumat, 10/7/2020.

Daftar pemilih jika diibaratkan organ dalam tubuh adalah jantung, jadi ketika daftat oemilihnya sehat maka demokrasinya sehat juga sebagaimana penjelasan Yesi Karnainsyah (Ketua Bawaslu Way Kanan) dalam sambutannya saat membuka acara.

“Daftar Pemilih ini seperti jantung, yang jika ia sehat maka insyAllah Demokralsi kita akan sehat, maka pengawasan tahapan ini sangat penting guna keakuratan daftat pemilih pada Pilkada Way Kanan tahun 2020”. Jelas Yesi.

Terlebih pemutakhiran daftar pemilih kali ini dimasa pandemi Covid-19, maka protokol kesehatan harus tetap dikedepankan saat menjalankan tugas.

Pemutakhiran daftar pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap dari Pemilu atau pemilihan terakhir yang dimutakhirkan oleh KPU/KIP KPU Kabupaten/Kota dibantu oleh PPK, PPS, dan PPDP dengan mempertimbangkan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) dan dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Pencoklitan) sebagaimana penjelasan pasal 1 ayat 23 PKPU No 19 tahun 2020.

Adapun peserta dalam rakor ini adalah Panwascam Divisi Pengawasan, Divisi Sumberdaya Manusia dan Organisasi (SDMO), dan staf Divisi Pengawasan Panwascam seKabupaten Way Kanan.

Dalam rakor ini terdapat beberapa materi tentang pemutakhiran daftar pemilih diantaranya : KPU Way Kanan (Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih pada Pilkda serentak tahun 2020), Bawaslu Provinsi Lampung (Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih), dan tiga (tiga) materi lainnya dari internal Bawaslu Kabupaten Way Kanan.

banner 728x90
  • Bagikan