Webinar PDPM Way Kanan : Optimis Partisipasi Pemilih Tinggi Ditengah Pandemi

295

Laporan Wartawan : Anggi Subagio

Kabarsumatera.co.id / Way Kanan – Optimis partisipasi pemilih tinggi ditengah Pandemi begitulah benang merah dari Webinar yang diselenggarakan Pemuda Muhammadiyah Way Kanan dengan judul: Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pilkada Way Kanan Tahun 2020″. Selasa, 23/6/2020.

Webinar tersebut menghadirkan beberapa narasumber seperti Akademisi Unila (Drs.Hertanto, M.S.i, P.hD), Komisioner KPU Way Kanan (Tri Sudarto, S.Pd), Kaban Kesbangpol Way Kanan (Indra Zakariya Rayusman, M.H), Tokoh Pemuda Way Kanan (Andi Oktoviandi, S.Km, M.M).

Dalam sambutan awalnya, Dedi Iskandar, M.H (Ketua Umum PDPM Way Kanan) menjelaskan bahwa acara ini bertujuan mendukung penyelenggara Pemilu dalam mencapai target Partisipasi pemilih, selain itu juga sebagai sarana kegiatan produktif kita ditengan masa Pandemi Covid-19.

Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ditengah pandemi Covid-19 ini memang menjadi tantangan serta peluang bagi penyelenggara pemilu maupun calon peserta untuk lebih mengoptimalkan kecanggihan media diera digital, dan apabila melaksanakan kegiatan yang bersifat langsung harus mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 sebagaimana dijelaskan Akademisi Unila (Hertanto)

“Ada hambatan seperti semapt tertundanya tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020, yang tadinya terjadwal pemilihan pada 23 september menjadi 9 desember 2020, dan hambatan lainnya seperti kekhawatiran penyebaran Covid-19 ditengah pelaksanaan Pilkada, namun peluang juga bagi penyelenggara maupun peserta pemilu apabila dapat memanfaatkan peluang seperti pengoptimalan teknologi media, pemberian rasa aman bagi pemilih, dan integritas dari calon maupun penyelenggara pemilu”. Jelas Hertanto.

Sementara itu, Indonesia bukan satu-satunya Negara yang memiliki hajad Demokrasi ditengah Pandemi Covid-19 ini, Korea Selatan bahkan sudah menyelenggarakan Pemilihan dan Partisipasi pemilih sangat tinggi sebagaimana dijelaskan Kaban Kesbangpol Way Kanan (Indra Zakariya Rayusman, M.H).

“Kita bukan Negara satu-satunya yang akan menyelenggarakan pesta Demokrasi ditahun ini, bahkan korea selatan sudah melakukannya dan partisipasi pemilih tinggi namun dengan catatan-catatan seperti diberlakukannya dengan ketat protokol kesehatan sehingga masyarakat merasa nyaman untuk hadir ke TPS dan menggunakan hak pilihnya, bahkan disiapkan juga TPS khusu dirumah sakit bagi mereka yang sakit Covid-19 maupun sakit yang lainnya”. Terang Indra.

Sementara itu, jika kita berkaca pada pemilihan sebelumnya, angka partisipasi way kanan cukup tinggi sebagaimana dijelaskan Komisioner KPU Way Kanan (Tri Sudarto, S.Pd) saat memberikan materi.

” Pada Pilkada Way Kanan 2015 partisipasi pemilih mencapai 68,65%, pada pilgub lampung 2018 dikabupaten Way Kanan partisipasi pemilih 70,41%, dan pada Pilkada serentak tahun 2020 ini kita berharap lebih dari pada itu”. Jelas Tri Sudarto.

Lamgkah pencapaian target partisipasi tersebut dimulai dsri perbaikan daftar pemilih, kegiatan sosialisasi oleh penyelenggara Pemilu, pemberian rasa aman kepada pemilih agar datang ke TPS, serta dikungan dari berbagai pihak seperti yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah Way Kanan pada malam hari ini, dan kita harus terus memberikan edukasi terhadap masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020. Tambah Tri Sudarto.

Dukungan Pemuda dalam peningkatan partisipasi pemilih ini pun menjadai sangat penting untuk mensukseskan Pilkada Way Kanan tahun 2020 sebagaimana disampaikan tokoh Pemuda Andi Oktoviandi, S.Km, M.M selaku ketua DPD KNPI Way Kanan.

“Sebagai Pemuda tentunya kita akan mengambil peran untuk mensukseskan Pilkada Way Kanan tahun 2020 ini, diperlukan sinergitas dari banyak elemen agar pesta Demokrasi ini dapat berjalan dengan sukses dan partisipasi pemilih tercapai sesuai target penyelenggara Pemilu, dan banyaknya pemilih potensial yang berusia muda ini menjadi harapan untuk tidak acuh terhadap proses penyelenggaraan Pilkada Way Kanan 2020”. Tutup Andi.

Saat sesi tanya jawabpun acara webinar ini sangat menarik dengan pembahasan seputar partisipasi pemilih, bahkan ketika dimungkinkan adanya calon tunggal, maka calon tersebut harus memberikan harapan yang baik agar masyarakat tidak enggan menggunakan hak pilihnya dan adanya jaminan rasa aman untuk datang dan memberikan suaranya.

Sampai dengan selesai acara tersebut berjalan lancar dengan dimoderatori Sekum PDPM Way Kanan (Sigit Dwi Suwardi, S.Pd) secara zoommeting dengan jumlah peserta diatas angka 80an peserta dan juga livestreaming di Fb Pemuda Muhammadiyah Way Kanan, dan pembaca masih dapat menontonya di halaman Fb Pemuda Muhammadiyah Way.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda