Apel Kesiapsiagaan Bencana Di Kabupaten OKU Timur HM Kholid Mawardi Jadi Inspektur Upacara

134

 

Laporan Wartawan : Andre/Dodi
KabarSumatera. Co. Id /Martapura Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten OKU Timur mengadakan Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten OKU Timur Kamis (28/02/19) Pagi.

Adapun dasar dari kegiatan tersebut adalah :

Undang – undang RI Nomor 37 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten OKU Timur, Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Ogan Ilir di Provinsi Sumatera Selatan;Undang – undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana ;

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2008 tentang pedoman tata kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah;

Peraturan Daerah Kabupaten OKU Timur Nomor 04 Tahun 2010 tentang Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan Apel Kesiapsiagaan ini bertujuan agar tersedianya kesiapsiagaan personil dan peralatan Kabupaten OKU Timur dalam rangka penanggulangan bencana dengan bergerak cepat bertindak tepat, terarah, terpadu, tangguh, teruji dan profesional dalam bingkai kebersamaan. Peserta Apel kesiapsiagaan ini dihadiri oleh TNI/Polri serta Instansi yang terkait,

Dalam kegiatan Apel kesiapsiagan ini, Bupati OKU Timur H.M. Kholid Mawardi menjadi Inspektur Apel. Bupati OKU Timur mengatakan” Ada 3 Bencana Yang Ada di OKU TIMUR Yakni Banjir, Angin Kencang, Kebakaran Hutan Dan Lahan, 3 Bencana ini sudah dapat di Prediksi Maka dari itu dari Apel Kesiapsiagaan ini agar tidak Menimbulkan Kerugian Yang Besar serta dapat Menimbulkan Kewaspadaan”. Tegas Kholid.

Bupati OKU Timur juga menghimbau agar untuk Wilayah rawan banjir disegerakan Mengantantisipasi Wilayah pemukiman Warga Seputaran Sungai Komering Yang rendah,serta saya Mengintruksikan Agar Kepala BPBD dapat Mengakomodir Personil maupun peralatan yang ada di tingkat Kecamatan Maupun Desa ,Jika Saat Terjadi Bencana Semua Siap”. Kata Kholid.

Bupati OKU Timur mengharapkan ke semua pihak untuk melakukan langkah – langkah strategis dalam pengendalian lebakaran hutan dan lahan diantaranya menyiapkan sumber daya yang ada untuk selalu siap dan kompak, melakukan upaya pencegahan berupa sosialaisai kepada masyarakat, meningkatkan patroli, ground check terhadap spot yang terdeteksi dan meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait.

Komentar Menggunakan Akun Facebook Anda