Frekuensi Hujan Tinggi, Berikut Hal Yang Harus Diperhatikan Pengendara Sepeda Motor

  • Bagikan

Kabarsumatera.co.id – Indonesia adalah salah satu negara dengan curah hujan tertinggi pada musimnya. Bagi sebagian orang, musim hujan menjadi rezeki bagi mereka. Namun tak sedikit pula yang menganggap musim ini sebagai masalah atau halangan. Sebut saja para pekerja yang berangkat ke kantor dengan menggunakan sepeda motor. Seperti pada saat ini di Bulan Februari Frekuensi hujan sangat sering sehingga terkadang mengganggu aktivitas berkendara sebagian pengendara sepeda motor.

Di musim penghujan pengendara sepeda motor dituntut untuk berkendara lebih ekstra hati-hati karena jalanan yang licin serta pandangan yang mungkin terganggu oleh air hujan. Selain itu, ada banyak persiapan dan rutinitas yang harus dilakukan selama musim penghujan terhadap kendaraan kesayangan agar tetap dalam kondisi prima.

Persiapan apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya yang berhasil tim kabarsumatera.co.id rangkum dari Astra Motor

Persiapan Sebelum Berkendara Motor di Musim Penghujan

Selalu bawa jas hujan kemana pun

Hal pertama yang harus disiapkan adalah jas hujan. Alat ini wajib dibawa kemana pun selama musim penghujan tiba. Jas ini akan melindungi tubuh Anda dari percikan air hujan sehingga tidak akan basah saat menerobos hujan yang cukup  deras sekali pun.

Terdapat beberapa jenis jas hujan yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari yang berbentuk seperti pakaian lengkap dengan baju dan celana. Lalu ada juga jas hujan kelelawar atau jas ponco, overcoat dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya ini disesuaikan saja dengan preferensi Anda dalam menggunakannya.

Pastikan lampu motor berfungsi dengan normal

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara di jalan, Anda harus memastikan bahwa lampu kendaraan berfungsi dengan normal. Cek seluruh kondisi lampu depan, belakang dan lampu sein sebelum berkendara.

Karena lewat lampu ini, pengendara lain bisa mengidentifikasi keberadaan motor Anda. Mengingat saat musim hujan, pandangan para pengendara seringkali terganggu oleh cipratan air hujan.

Pastikan tekanan angin pada ban sudah ideal

Selanjutnya, Anda juga harus mengecek kondisi ban motor sebelum memutuskan untuk berkendara menerobos hujan lebat. Sebab, tekanan angin ban motor yang cukup dan ideal akan menghindarkan Anda dari risiko tergelincir. Selain itu, jika kondisi ban motor sudah aus sebaiknya segera ganti dengan baru agar tidak membahayakan keselamatan diri sendiri.

Kurangi kecepatan saat berkendara di tengah hujan

Jika pada hari biasa, Anda berkendara di atas 60 km/jam. Maka saat berkendara di tengah hujan, sebaiknya Anda mengurangi kecepatan agar tetap sampai tujuan dengan selamat. Tak masalah jika itu berarti Anda harus berkendara sedikit lebih lama. Yang terpenting adalah keselamatan diri Anda.

Hindari melewati jalanan yang rusak dan berlubang

Jika Anda sering melewati jalanan berlubang, maka saat musim penghujan sebaiknya hindari jalanan tersebut. Sebab, seringkali jalan berlubang tersebut tidak terlihat karena digenangi oleh air. Alhasil, banyak kasus kecelakaan terjadi karena hal ini.

Nah, daripada mengalami kejadian buruk, sebaiknya carilah opsi jalan lain yang lebih mulus dan tidak banyak kerusakan. Tak masalah kalau itu artinya harus berkendara lebih jauh, sekali lagi prioritaskan keamanan dan keselamatan Anda selama di jalan, ya!

Itulah tadi beberapa persiapan sebelum berkendara di musim hujan. Dengan menyiapkan seluruhnya, Anda bisa berkendara di jalan dengan lebih aman dan nyaman. (Anggi)

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan