HM Kholid Mawardi Tanda Tangani Mou Program Prukades

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id MARTAPURA- Dalam proses percepatan pembangunan di Desa yang ada di Kabupaten OKU Timur , HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi pada Jumat (9/3/2018) menandatangi naskah kesepakatan kemitraan program Prukades (produk Unggulan Kawasan Perdesaan) di Jakarta Convention centre dan hotel Sultan, Jakarta.

 

Potensi di setiap desa yang ada di OKU Timur sangat besar. Sehingga perlu digali dan dikembangkan secara maksimal. Untuk itu, perlu mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Berbagai langkah dilakukan salah satunya dengan melakukan kesepakatan kemitraan.

 

Prukades merupakan program kerja Kementerian Desa yang meliputi kerja sama antar desa. Untuk membentuk Badan Usaha Milik desa (BUMDes), Lalu bekerja sama dengan swasta sebagai penyedia asupan, industri pengolahan dan pemasaran produk. “Dengan didukung keuangan perbankan. Serta dilegalkan pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Tujuan dari Prukades ini, agar desa lebih cepat maju, berdaya saing dan mandiri. Segera meningkatkan lapangan kerja dan kesejahteraan warga desa. “Yang terpenting adalah cepat mengembangkan wilayah perdesaan pada tiap kabupaten dan kota,” jelasnya.

Kholid juga menambahkan, keberadaan BUMdes tentu sangat diperlukan, karena ini bisa menopang dan mendongkrak kemajuan perekonomian masyarakat desa. “Terlebih OKU Timur yang dikenal sebagai daerah lumbung pangan dan memiliki banyak potensi di desa-desa yang harus dikembangkan agar lebih bermanfaat. Contohnya pertanian, perkebunan, dan peternakan,” ujarnya (RA)

banner 728x90
  • Bagikan