Panwascam Way Tuba Awasi Pemutakhiran Data Pemilih Disabilitas

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id BLAMBANGAN UMPU-Pengawasan PPDP dalam pencocokan dan pemutakhiran (coklit) serentak dilaksanakan pada hari ini 20 Januari 2018. Kegiatan pengawasan PPDP oleh Panwaslu Kecamatan didukung oleh Panwaslu Kelurahan/Kampung yang ada. Pengawasan PPDP adalah mengawasi petugas pemutakhiran dalam melakukan coklit.

Pengawasan coklit adalah memastikan PPDP mendatangi tiap rumah untuk mendata pemilih, mencatat pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak terdaftar, melakukan perbaikan data pemilih apabila ada kekeliruan, bahkan memastikan PPDP mendaftar Pemilih Disabilitas.

Ketua Panwaslu Kecamatan Way Tuba Nanang Kurniadi menyatakan “Kita awasi PPDP melakukan pemutakhiran daftar Pemilih untuk memastikan seluruh orang yang memenuhi syarat pemilih tercatat, sekalipun kepada saudara kita penyandang disabilitas”.Kata Nanang kepada KabarSumatera.co.id

Pengawasan PPDP terhadap penyandang disabilitas Tuna Daksa dilakukan di Kampung Way Tuba Sabtu (20/01) pagi.

“Saya senang didaftar dan semoga pemilu lancar” kata Nendra saat dilakukan coklit oleh PPDP di rumahnya.

Senada dengan Staf Bawaslu Kabupaten Way Kanan Sigit saat mendampingi Pengawasan PPDP di Way Tuba “Penyandang disabilitas tidak boleh luput dari pengawasan kita karna ia juga mempunyai hak berdemokrasi. Bahkan kita harus mensuportnya, jangan sampai mereka terkucilkan dan tidak mendapatkan hak pilihnya sebagai warga negara”.ujar Sigit kepada Awak Media

Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah jantungnya pemilihan umum, Penyusunan DPT dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). DPT yang berkualitas harus disusun seobjektifitas mungkin. Pemilih adalah hal terpenting dalam pemilu, maka setiap orang yang memenuhi persyaratan haruslah dipastikan terdaftar.

Pemutakhiran daftar pemilih bertujuan untuk mendaftar pemilih potensial. Pemutakhiran daftar pemilih dilakukan oleh PPDP. PPDP dibentuk oleh PPS. PPDP bertugas di wilayah TPS masing-masing dengan rata-rata 400 orang mata pilih.

Turut hadir saat melakukan coklit PPDP di Kecamatan Way Tuba unsur Pimpinan KPU Kabupaten Way Kanan Doan , Staf Bawaslu Kabupaten Way Kanan, PPK Way Tuba, Panwaslu Kecamatan Way Tuba, PPS, PPDP, Panwaslu Kelurahan/Kampung. Coklit serentak dilakukan di rumah DPRD, Tokoh masyarakat, Kepala Kampung, dan penyandang disabilitas.( RICO)

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan