Pemusnahan Barang Bukti Di Kejari OKU Timur Disaksikan Langsung HM Kholid Mawardi/KabarSumatera

  • Bagikan

Kabarsumatera.co.id | OKU Timur – Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur musnahkan beberapa barang bukti dari tindak pidana yang selama ini telah meresahkan masyarakat. Kegiatan pemusnahan barang bukti (BB) ini dilakukan langsung dihalaman depan kantor Kejaksaan negeri OKU Timur dan disaksikan oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.sos, MSi dan Wabup OKU Timur Fery Antoni SE, pada hari Kamis (11/10/2018) .

Banyaknya kasus yang berhasil dimusnahkan oleh Kejagung dari suatu jenis yang sama dengan 1 gram perkarangan seberat bruto 164.82 gram, sabu 37 berkas perkara dengan berat bruto 140.377 gram, kemudian ekstasi 3 berkas perkara sebanyak 8 butir.

Tak hanya itu, Kejari OKU Timur musnahkan senjata api rakitan (senpira) dan amunisi yang masih aktif dan tidak aktif, sebanyak 12 berkas perkara 11 revolver dan 1 FN dengan amunisi 27 yang aktif dan 12 yang tidak aktif, selanjutnya senjata tajam (sajam) dengan beberapa barang bukti perjudian seperti dadu guncang dan togel.

Kepala Kejari OKU Timur Ismaya Herawardanie SH M, Hum, pada acara pemusnahan barang bukti (BB) yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht Van Gewijsde) mengatakan, pemusnahan BB merupakan salah satu tugas kejaksaan selaku eksekutor setelah putusan hakim, Serta untuk memberikan kepada orang-orang akhir dari kasus itu sesuai hakim untuk disita dan dimusnahkan agar tidak bisa dipakai lagi.
“Ada juga putusan untuk diterjemahkan ke korban, dan juga ada yang dirampas untuk negara, kemudian kita laris dan masuk ke kas negara,”katanya”.

Dikatakan, selama tahun 2018 ini berdasarkan hasil rekapitulasi perkara yang masuk di Kejari OKU Timur sebanyak 195 perkara.

“Dari 195 perkara yang memungkinkan perkelahian lebih dari satu jenis narkotika, termasuk dalam jumlah yang lebih lama, tetapi dalam jumlah dari barang bukti yang disita.”, Ujarnya.

Menurutnya, pada tahun 2017 Kejari OKU Timur sampai akhir Desember lalu berhasil memusnahkan barang bukti jenis ganja seberat 28.26 gram dan sabu 59.116 gram, akan tetapi pada tahun ini ganja yang dimusnahkan seberat 164.82 gram dan sabu seberat 140.377 gram.

“Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan kita karena itu kita harus berhati-hati, terutama para generasi muda agar tidak terjerumus dipergaulan seperti ini,” ungkapnya.

Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi, saat sambutannya menambahkan, dengan adanya kasus-kasus Narkotika pada saat ini, yaitu, menyerukan upaya-upaya narkotika oleh pihak kepolisian.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berkerja secara maksimal,” imbuhnya.

Kemudian, saat dibincangi para awak media, Wakil Bupati OKU Timur Feri Antoni SE Memenuhi, terimakasih dalam segala upaya-upaya mereka yang sudah menegakkan hukum, dan paling jelas dalam menjaga aset-aset negara.

“Kita harus melakukan hal yang sama dengan pemerintah dan juga merazia warung remang-remang, oleh sebab itu saya bersama Kapolres dan Kajari Kab OKU Timur bahwa peredaran narkotika harus kita cegah dan hiburan sudah bisa kita tertibkan,” pungkasnya. 

Laporan Wartawan : Dody

banner 728x90

banner 728x90

  • Bagikan