PETERNAK IKAN LELE MENGELUH TERKAIT TURUN NYA HARGA

  • Bagikan

KabarSumatera.co.id – OKU TIMUR-Martapura Kabupaten OKU Timur mengenai
Harga jual komoditas perikanan air tawar jenis lele mengalami penurunan harga sejak dua pekan terakhir.sabtu (03/02) pagi menurut pantauan kabarSumatera.co.id di lapangan.

Suwandi (38). salah satu petani ikan lele di Desa Aman jaya, Kecamatan Buay Madang OKU Timur mengatakan, saat ini harga jual ikan lele kualitas super turun sebesar Rp 2 ribu per kilogram. Dari harga sebelumnya sebesar Rp 17 ribu per kilogram, saat ini menjadi Rp 15 ribu per kilogram. “Kalau harga terus-terusan merosot, petani bisa rugi besar”. kata Suwandi ke awak media.

lebih lanjut Suwandi mengatakan Sementara itu untuk pemasaran ikan lele dari OKU timur sendiri, sudah sampai di Baturaja, Prabumulih,dan Palembang, kami bisa kirim hingga 3 ton ikan lele kualitas super ke prabumulih setiap harinya, baik pasar umum maupun sektor industri dan restoran. Tapi untuk saat ini harga masih turun, dan permintaan sedikit berkurang.

Penurunan harga ini menjadi pukulan bagi petani karena biaya budidaya lele sangat tinggi. Apalagi, sekitar 70 persen budidaya lele bergantung pada variabel pakan. “Harga pakan terus naik, kalau harga malah turunkan bisa rugi,” jelasnya.

Suwandi, berharap supaya harga jual ikan lele tersebut kembali stabil, sehingga per ekonomian produksi mereka tidak anjlok seperti saat ini,harap Suwandi.(Rico)

banner 728x90
  • Bagikan